Pertuni Kendal Terima Bantuan Tongkat Putih

Pertuni Kendal Terima Bantuan Tongkat Putih

0
82

Persatuan Tuna Netra Indonesia (Pertuni) Kendal mendapat bantuan 111 tongkat putih dari Lions Club. Penyerahan bantuan bertepatan dengan Hari Tongkat Putih Sedunia  yang diperingati tiap tanggal 15 Oktober di Kantor Pertuni, Kamis (15/10/2020). Bantuan lainnya adalah sembako berupa beras, telur dan mie instan. 

Project Officer Lions, Yeni Lianawati mengatakan, bantuan tongkat putih ini berasal dari Lions Club  Bandung Sangkuriang yang penyalurannya bekerja sama dengan Lions Club Yogyakarta Manggala Mataram.  Bantuan tongkat putih ini diberikan di 15 daerah di Jawa Tengah, Jawa Timur dan sebagian di Jawa Barat. “Kali ini ada dua kegiatan sekaligus, yaitu bantuan tongkat putih dan, sekalian bantuan sembako dari Lions Club Jogjakarta,” katanya.


Dikatakan, Lions Club merupakan organisasi yang murni bergerak di bidang sosial, tanpa memandang suku dan agama, serta tidak berpolitik. Program lainnya adalah pemeriksaan diabetes, menangani penderita kanker anak dan lainnya. “Kalau Kendal ingin dapat banyak bantuan, sebaiknya bisa mendirikan Lions Club di Kendal,” ujarnya.

Ketua Pertuni Kendal,   Mahendra mengatakan, bantuan tongkat bagi penyandang tunanetra sangat bermanfaat, karena akan membantu memperlancar aktivitas keseharian. Pertuni Kendal yang anggotanya berjumlah 111 orang juga memiliki banyak kegiatan, sehingga sangat membutuhkan alat bantu tongkat. “Di Pertuni Kendal ada kegiatan belajar android bicara, membaca braille, terapi pijat, juga donor darah tiap tiga bulan,” jelasnya.

Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial pada Dinas Sosial Kendal, Joko Supratikno berharap, kerja sama dengan Lions Club bisa terus berlanjut, bahkan tidak hanya dengan Pertuni, tetapi juga bantuan untuk kaum disabilitas lainnya. Dengan bantuan tongkat putih ini, anggota Pertuni bisa semakin mandiri. “Kami ucapkan terima kasih atas bantuan tongkat putih dan sembako, semoga dengan bantuan ini akan membantu anggota Pertuni yang di masa pandemi juga kena dampak,” katanya.