Radio Talkshow Bersama Dinarpus Kabupaten Kendal “Pentingnya Manajemen Teknologi Informasi Untuk Perpustakaan”

0
76

Pada hari Rabu, 21 Oktober 2020 kemarin, Dinarpus (Dinas Kearsipan dan Perpustakaan) Kabupaten Kendal berkesempatan untuk melangsungkan Radio Talkshow di Radio Swara Kendal. Dihadiri oleh Ibu Ir.Diah Aning Budiarti,M.Si sebagai narasumber.

Teknologi informasi untuk perpustakaan sendiri merupakan seluruh perangkat teknologi baik perangkat keras maupun perangkat lunak dan jaringan telekomunikasi yang digunakan sebagai alat dukung dalam berbagai aspek di perpustakan , seperti pengadaan, pengolahan, penyimpanan maupun penyebaran informaasi dan pelayanan di perpustakaan.

Ibu Diah mengatakan bahwa adanya manajemen teknologi dan informasi ini akan memberikan pelayanan yang efisien dan cepat kepada pemustaka, untuk mendapatkan informasi terkait dengan perpustakaan. Seperti ketika pemustaka hendak mencari buku dengan ketgori tertentu di perpustakaan, akan mudah di dapatkan dengan proses pencarian yang dilakukan dengan teknologi informasi terkini, sehingga lebih efektif dan efisien.

Pelayanan pada perpustakaan, akan menjadi lebih terstandar dan kebutuhan masyarakat tentang keperpustakaan akan lebih cepat terpenuhi, dengan adanya manajemen informasi dan teknologi yang direrapkan ini. Sehingga akan memberikan kemudahan pada pemustaka, sekaligus pengelola perpustakaan sendiri.

Adapun fungsi dari penerapan manajemen informasi dan teknologi di perpustakaan adalah sebagai berikut . Funsgi perencanaan dan pengambilan keputusan menjadi lebih rinci dan detail sehingga lebih efisien dan cepat ketika di proses menggunakan manajemen informasi dan teknologi. Kemudian untuk fungsi operasional , ada perampingan struktur organisasi yang tugasnya sudah dialih pindahkan oleh teknologi. Kemudian fungsi komunikasi, mempermudah proses komunikasi, dan interaksi antar pemustaka dan antar lembaga lembaga lainnya. Fungsi antar lembaga, yaitu mitra antar lembaga lebih mudah untuk diakses dengan teknologi informasi. Fungsi pengendalian dan pemantauan , bahwa segala hal yang perlu di pantau antara lembaga dan instansi induk lebih terkendali dan terevaluasi secara efisien.

Untuk keuntungan dari penggunaan informasi dan teknologi adalah mengurangi biaya, karna adanya pemangkasan atau pengurangan sdm yang sudah digantikan oleh teknologi, kemudian layanan lebih beragam dan meningkatkan kepuasaan pelayanan kepada pelanggan dan teruji sehingga memenuhi standarisasi yang ada. Kemudian untuk pengelola , akan menambah kreatifitas dengan memahami dan mempelajari teknologi baru.

Kemudian untuk kekurangannya, yaitu berkurangnya lapangan pekerjaan di perpustakaan karan sudah tergantikan oleh teknologi digital, kemudian adanya miskomunikasi antar individu ketika menggunakan pesan teks yang dikirim, dan ditakutkannya terjadi penyalahgunaan data karna menjadi transparan ketika di operasikan menggunakan teknologi informasi.

Sebelum acara Rdaio Talkshow berakhir, Ibu Diah juga memberikan pesan kepada masyarakat Kabupaten Kendal, bahwa Dinarpus saat ini sedang merintis manajemen informasi dan teknologi pada perpustakaan, sehingga bisa sepenuhnya menggunakan manajemen informasi dan teknologi untuk pelayanan perpustakaan demi kepuasaan pemustaka yang hadir. Tak lupa Ibu Diah juga mengajak masyarakat Kendal untuk turut memberikan saran atas penggunaan manajemen informasi dan teknologi, demi kemajuan bersama.

Tsania Ariffani / Universitas Amikom Yogyakarta