Debat Pertama Paslon Bupati dan Wakil Bupati Kendal Disiarkan Langsung TVRI

Debat Pertama Paslon Bupati dan Wakil Bupati Kendal Disiarkan Langsung TVRI

0
97

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kendal akan menggelar debat calon Bupati dan Wakil Bupati Kendal pada Rabu (18/11/2020) malam di Gedung DPRD Kendal. Pelaksanaan debat akan menerapkan protokol kesehatan dengan membatasi jumlah tamu yang diundang. 

Ketua KPU Kendal, Hevy Indah Oktarina mengatakan, dalam debat nanti tiap pasangan calon hanya diizinkan membawa 4 anggota tim suksesnya dalam ruangan debat. Selain itu anggota KPU yang diizinkan hadir hanya 5 orang dan Bawaslu hanya 2 orang. Selama debat akan dijaga ketat oleh kepolisian agar tidak sembarang orang bisa masuk dalam ruang debat tersebut. “Masyarakat maupun pendukung yang hendak menyaksikan debat bisa menonton dari televisi, karena akan disiarkan langsung melalui TVRI,” katanya.

Ketua KPU Kendal Hevy Indah Oktaria mengatakan tema debat yang diangkat yakni ‘Mewujudkan Kendal Berkemakmuran Melalui Peningkatan Kesejahteraan dan Pembangunan Masyarakat yang Berkarakter’. Tema tersebut merujuk pada konteks visi, misi, dan program paslon untuk mewujudkan rencana strategis pembangunan dan isu-isu aktual di Kabupaten Kendal.
” Isu-isu aktual yang dibahas merupakan dalam rangka, meningkatkan kesejahteraan masyarakat, memajukan daerah, meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, menyelesaikan persoalan daerah,” katanya, Selasa (17/11/2020).


Hevy mengatakan, pihaknya tidak tahu sama sekali daftar pertanyaan yang akan diajukan dalam hebat nanti. Semuanya sudah diserahkan kepada tim penyusun dari kalangan pakar, kalangan akademisi dan kalangan profesional. Tim ini juga akan menyusun sederet pertanyaan masyarakat maupun stakeholder terkait pada saat dilakukan FGD penyusunan pertanyaan tersebut.
“KPU tidak tahu sama sekali isi pertanyaan yang akan telah disusun, kami akan menerimanya dalam bentuk tersegel. Pertanyaan tersebut disusun berdasarkan visi misi, isu aktual di Kendal,” jelasnya.

Debat akan dibagi dalan 6 segmen. Segmen pertama penyampaian visi misi, Segmen kedua menjawab pertanyaan dari tim penyusun berdasarkan visi misi, segmen ketiga juga menjawab pertanyaan dari tim penyusun berdasarkan isu aktual di Kendal, segmen keempat paslon menjawab pertanyaan yang diambil secara undian, segmen ke lima penyampaian pertanyaan dari antar paslon dan segmen ke enam penyampaian statement penutup dalam debat tersebut.