Puskesmas Brangsong 2 simulasi penanganan bencana

0
59

Swarakendal.com : Puskesmas Brangsong 2 menggandeng Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kendal menggelar simulasi penanganan bencana alam, Selasa (15/11/2022) sore. Simulasi diikuti seluruh pegawai Puskesmas Brangsong 2 sekitar 86 orang. Simulasi menggambarkan kejadian bencana angin puting beliung ketika hujan dan terjadi banjir.

Koordinator Bidang Bencana, BPBD Kendal, Khairul Huda mengatakan, pelatihan ini berkaitan dengan manajemen penanganan bencana. Harapannya agar semua pegawai mengetahui prosedur, siklus maupun tata cara penanganan bencana yang benar. “Pelatihan manajemen penanganan bencana tadi dimulai dengan pemberian materi, kemudian melakukan simulasi ketika terjadi bencana,” katanya.

Khairul Huda menegaskan, yang harus diperhatikan bagi seluruh pegawai adalah harus mengetahui struktur gedung dan titik kumpul yang aman. Hal itu penting supaya ketika terjadi bencana, maka sudah mengetahui jalur dan lokasi-lokasi untuk berlindung. “Semua pegawai Puskesmas dan pegawai instansi manapun harus mengetahui struktur bangunan dan lokasi-lokasi titik kumpul saat terjadi bencana banjir, angin puting beliung, sehingga bisa segera menyelamatkan diri di tempat yang aman,” tandasnya.

Kepala Puskesmas Brangsong 2, Sri Rochayati mengatakan, dengan pelatihan penanganan bencana ini, harapannya semua pegawai bisa mengantisipasi dan melakukan langkah-langkah yang harus dilakukan sesuai prosedur yang benar. Seluruh pegawai bisa melakukan tindakan pencegahan dan mengatasi kondisi dengan benar, sehingga bisa meminimalisir jumlah korban. “Kami bekerja sama dengan BPBD Kendal melakukan simulasi penanganan bencana, harapannya agar semua pegawai bisa mengantisipasi bencana dan penanganan ketika terjadi bencana, sehingga korban bisa ditangani dengan baik,” harapnya.

Puskesmas Brangsong 2 sudah memiliki Tim Tanggap Bencana, yang berperan aktif dalam penanganan bencana. Tim Tanggap Bencana merupakan tim yang sudah terlatih.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan tambahkan komentar Anda!
Ketik nama anda di sini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.