95 Warga Desa Bringinsari Sukorejo Dapat Sertifikat Tanah secara Gratis

95 Warga Desa Bringinsari Sukorejo Dapat Sertifikat Tanah secara Gratis

0
36

Swarakendal.com : Sebanyak 95 warga Desa Bringinsari Kecamatan Sukorejo Kabupaten Kendal mendapat sertifikat tanah secara gratis melalui Program Redistribusi Tanah tahun 2021. Penyerahan sertifikat tersebut secara simbolis dilakukan di Pendopo Tumenggung Bahurekso Kendal bersamaan Peringatan Hari Agraria dan Tata Ruang, Rabu (22/09/2021) yang dihadiri Bupati Kendal.

Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Kendal, Agung Taufik Hidayat mengatakan, melalui program Redistribusi Tanah tahun 2021 diberikan 200 sertifikat tanah secara gratis kepada 95 orang untuk total luas lahan tanah 23 hektar di Desa Bringinsari Kecamatan Sukorejo. Asal lahan tahan tersebut merupakan tanah negara yang sudah dikelola warga sejak 1960. Kemudian pada tahun 1970 ada Surat Keputusan Inspektur Agraria Jawa Tengah yang menetapkan bahwa tanah tersebut sebagai obyek landreform. “Pada tahun 2021 dalam rangka Hari Agraria dan Tata Ruang tahun 2021 diberikan sertifikat tanah,” jelasnya.

Bupati Kendal Dico M Ganinduto berharap, sertifikat tanah sudah dimiliki bisa dijaga dengan baik dan bermanfaat, sehingga bisa meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat. Ini adalah hal yang baik yang tentunya ke depan akan terus dikolaborasikan agar pemanfaatan aset di Kabupaten Kendal dan penyelamatan aset yang ada di Pemerintah Kabupaten Kendal bisa segera terselesaikan, sehingga bisa dimanfaatkan dengan maksimal untuk kepentingan dan kesejahteraan masyarakat Kendal,” harapnya. 

Munib, salah seorang warga mengaku senang bisa mendapatkan sertifikat tanah secara gratis. Ia telah mengelola tanah seluas 1.654 meter persegi sejak 20 tahun lalu yang dibeli dari orang tuanya. “Alhamdulillah sekarang sudah mendapat sertifikat secara gratis, sehingga sudah menjadi hak milik, jadi kuat untuk hak milik saya pribadi,” ujarnya.