Ada Program Simpel, Siswa SMA Negeri 1 Gemuh bisa Nabung di Sekolah

Ada Program Simpel, Siswa SMA Negeri 1 Gemuh bisa Nabung di Sekolah

0
284

Swarakendal.com : SMA Negeri 1 Gemuh melaunching program Simpanan Pelajar (Simpel), layanan Laku Pandai dan Qris (cashless payment) kerja sama dengan Bank Jateng, Jumat (9/9/2022). Para siswa bisa menabung melalui koperasi sekolah dan memanfaatkan layanan Laku Pandai, seperti membeli pulsa atau kuota dan pembayaran lainnya. 

Kepala SMA Negeri 1 Gemuh, Moh Dulsalam mengatakan, melalui Simpel, siswa bisa menabung di koperasi sekolah mulai seribu rupiah. Tujuan Simpel ini untuk membiasakan agar siswa gemar menabung, sehingga ketika lulus, uang tabungan bisa digunakan untuk biaya mendaftar ke perguruan tinggi atau modal usaha. “Simpanan Pelajar ini untuk melatih anak menabung sejak dini,” katanya.

Joko Salbiyanto, Direktur Bank Jateng Cabang Kendal mengatakan, SMA Negeri 1 Gemuh merupakan sekolah yang pertama di Kabupaten Kendal yang bekerja sama dengan Bank Jateng membuka layanan Laku Pandai dan Qris. Layanan Laku Pandai ini untuk memudahkan masyarakat untuk memperoleh layanan keuangan, seperti menabung atau mengambil uang, membayar rekening listrik, BPJS, pajak dan pembayaran lainnya. “Para guru dan siswa bisa memanfaatkan layanan Laku Pandai di koperasi sekolah, sehingga lebih mudah, karena tidak harus datang ke bank,” jelasnya. 

Dikatakan, pihaknya ke depan akan bekerja sama dengan sekolah lain, baik SMA maupun SMP. Pasalnya program Simpel maupun layanan Laku Pandai dan Qris sangat mendukung untuk mempermudah siswa menabung atau melakukan pembayaran tunai maupun non tunai. “Kerja sama dengan sekolah ini juga sebagai percontohan siswa untuk dilatih masalah perbankan, siapa tahu nanti ada siswa yang menjadi bankir Indonesia,” ujarnya.

Kasi SMA dan SLB Cabang Dinas Pendidikan Wilayah XIII Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jateng, Adhelika Mahmudiah mengatakan, melalui program Simpel ini, maka anak dibekali kecakapan hidup dalam hal mengelola keuangan. Tidak hanya belajar menabung, anak juga belajar investasi, sehingga bisa merencanakan hidupnya ke depan. “Program simpanan pelajar ini, anak bisa belajar mengelola keuangan dengan baik dan gemar menabung,” katanya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan tambahkan komentar Anda!
Ketik nama anda di sini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.