Ada Taman Lalulintas di Taman Kalireyeng

0
1255

Kota Kendal kini memiliki taman baru, namanya Taman Lalulintas. Lokasinya menyatu dengan Taman Kalireyeng di Kebondalem Kendal, berada di sebelah selatan bangunan PKL. Taman Lalulintas ini memiliki panjang 91 meter dan lebar 6 meter. Taman Lalulintas ini akan difungsikan sebagai tempat pembelajaran bagi anak-anak TK dan PAUD untuk pengenalan rambu-rambu lalulintas, sekaligus sebagai tempat rekreasi.

Menurut Lurah Kebondalem Kendal, Abdi Muktianto, Taman Lalilintas dibangun menyatu dengan Taman Kalireyeng, sebab merupakan hadiah sebagai juara 3 dalam lomba World Habitat Day (Hari Habitat Dunia) tingkat Provinsi Jateng tahun 2014. Sebagai juara 3, Kendal menerima hadiah sebsar Rp. 400 juta yang diwujudkan dalam bentuk bangunan, berupa Taman Lalulintas dan kios seni, yang merupakan Voices from Slums atau penanganan terhadap permukiman kumuh. “Karena Taman Kalireyeng mendapat penghargaan sebagai juara, maka hadiahnya dibangun di Taman Kalireyeng, berupa bangunan PKL dan Taman Lalulintas,”kata Pak Lurah.

Kepala Dinas Ciptaru Kendal Ir. M. Noor Fauzi, MT mengatakan, pembangunan ini berasal dari Dinas Ciptakarya Provinsi Jateng, yang diambilkan dari dana APBD Provinsi untuk pembangunan Taman Lalu Lintas dan kios seni. Taman Lalu Lintas juga dibuat untuk mengakomodir permintaan dari Polres Kendal karena di Kabupaten Kendal belum memilikinya. “Selama ini, mereka sering menjadi tempat kunjungan bagi TK dan PAUD di Kendal, yang ingin mengetahui lebih banyak aktivitas polisi khususnya dalam hal mengatur lalu lintas, makanya dibuatkan Taman Lalulintas” katanya.

Proses pembangunan telah dikerjakan sejak Agustus 2015 lalu, dan diperkirakan akan selesai pada pertengahan November nanti.Direktur PT Ardian Jaya Teknik, Sumarsono, selaku pelaksana proyek, mengatakan, saat ini masih dalam tahap finishing untuk penempatan alat-alat pendukung seperti pemasangan rambu-rambu lalu lintas dan lampu penerangan.”Taman Lalu Lintas sendiri terdiri atas taman, jalan berkelok-kelok dengan jembatan kecil, serta terdapat kios bagi kegiatan seni,”jelasnya