Akhirnya ICSB Kendal Dibentuk, Insyaallah UMKM Kendal Go Internasional

Akhirnya ICSB Kendal Dibentuk, Insyaallah UMKM Kendal Go Internasional

0
86

Swarakendal.com: Di Kabupaten Kendal, mulai tahun 2021 ini sudah berdiri International Council for Small Business (ICSB). Ketuanya adalah Chacha Frederica, istri Bupati Kendal Dico M Ganinduto yang menjabat kepengurusan periode 2021-2023. Kepengurusannya baru dilantik pada Kamis 10 Juni 2021 di Pendopo Tumenggung Bahurekso oleh Ketua ICSB Jawa Tengah, Joko Sutrisno.

ICSB Indonesia adalah organisasi nonprofit yang fokus pada pemberdayaan usaha kecil dan menengah (UKM) serta penyebaran semangat kewirausahaan. ICSB Indonesia sendiri merupakan bagian dari ICSB yang berdiri sejak tahun 1955 dan merupakan organisasi global pertama yang memiliki perhatian terhadap pengembangan dan edukasi untuk usaha kecil di seluruh dunia.  

Saat ini ICSB berkantor pusat di Washington D.C. dan telah memiliki jaringan di 85 negara. Indonesia sendiri bergabung secara aktif dengan jaringan ICSB global sejak tahun 2015 atas prakarsa dari A.A.G.N. Puspayoga dan Hermawan Kartajaya. Dengan dukungan dari Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Republik Indonesia, ICSB Indonesia terus berupaya untuk mengembangkan jaringan hingga ke seluruh Provinsi di Indonesia.

ICSB Indonesia didukung oleh 4 pilar utama yang saling bersinergi untuk memperkuat perkembangan UKM di tanah air, yang meliputi pemerintah, akademisi, periset serta praktisi bisnis. Hingga saat ini ICSB Indonesia telah melibatkan unsur-unsur tersebut dalam berbagai kegiatan yang diadakannya, baik di tingkat nasional maupun lokal daerah. 

Ketua ICSB Jawa Tengah, Joko Sutrisno mengatakan, program kegiatan yang terus dilakukan adalah melakukan pendampingan dari segi manajemen, pemasaran dan lainnya. Di era milenial ini terus menggiatkan program digitalisasi UMKM supaya tidak ketinggalan zaman. Dalam digitalisasi ada dua teknologi informasi yang harus dikuasaim Yang pertama adalah aplikasi dengan mengajarkan Google Maps dan Google My Business maupun aplikasi marketplace. Yang kedua adalah aplikasi digital marketing, yaitu cara mengoptimalkan marketing di facebook, instagram, tik tok dan youtube, baik yang organik maupun nonorganik. “Kami sudah melakukan sosialisasi dan pelatihan program ini di antaranya ke kampus-kampus, wisata dan pondok pesantren,” katanya.

Ketua ICSB Kendal, Chacha Frederica mengajak semua unsur kepengurusan untuk bersama-sama aktif  membesarkan ICSB. Tujuannya untuk percepatan pertumbuhan ekonomi, meningkatkan semangat juang dan daya beli UMKM. Dengan demikian, potensi Kendal yang sangat besar bisa dikelola secara optimal, sehingga bisa go internasional. “Dalam promosi online, yang harus diperhatikan adalah foto produk harus bagus dan menarik, untuk itu kami akan membantu semacam studio fotografi yang digunakan untuk foto produk UMKM,”  ujarnya.

Pada kesempatan itu juga dilakukan pengukuhan kepengurusan Dewan Kerajinan Nasional Daerah ( Dekranasda) Kendal periode 2021-2023. Chacha Frederica juga sebagai ketua. Kegiatan ini dihadiri Bupati Kendal Dico M Ganinduto dan anggota Forkompinda Kendal.