Anggota DPD RI, Bambang Sadono Jenguk Warga Terdampak Proyek Tol yang Nginap di DPRD di Kendal

Anggota DPD RI, Bambang Sadono jenguk warga terdampak proyek tol di Kendal

0
521
Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI dapil Jawa tengah, Bambang Sadono, Selasa (1/5/2018) mejenguk para warga terdampak proyek tol yang menginap di halaman kantor DPRD Kendal.  Beberapa hari sebelumnya Bupati Kendal dr Mirna Annisa dan juga Ketua DPRD Kendal Prapto Utono bersama anggota DPRD Kendal telah mendatangi mereka. Kedatangan tokoh tersebut untuk mendengar langsung keterangan dari para warga terkait proses pembebasan lahan miliknya yang masih bermasalah.  Mereka melakukan aksi menginap dengan mendirikan tenda di halaman kantor DPRD Kendal sejak Jumat 27 April lalu sebagai bentuk protes kepada pemerintah untuk mendapatkan keadilan terkait dengan ganti rugi atas lahan miliknya yang terkena proyek tol.

Bambang Sadono mengatakan, niat untuk mendatangi para warga di halaman kantor DPRD Kendal, setelah beberapa kali melihat tayangan di televisi, terutama tayangan saat proses evakuasi rumah warga. Ia merasa miris melihat tayangan tersebut di televisi, karena ditonton masyarakat se Indonesia. “Seharusnya bisa dibicarakan supaya tidak dengan cara seperti itu. Malu dilihat orang seantero jagat, padahal kita negara Pancasila,”ucapnya.
Kepada para warga, Bambang Sadono meminta penjelasan terkait proses pembebasan dan ganti rugi lahan yang terkena proyek jalan tol, sehingga menimbulkan permasalahan. Ia juga meminta kepada para warga supaya memberikan data dan permintaan yang konkrit terkait besarnya ganti rugi yang diinginkan. “Saya minta data yang jelas dan permintaan ganti rugi yang jelas, nominalnya berapa, supaya lebih mudah untuk disampaikan kepada pusat,”ujarnya.
Sampai saat ini sudah hari kelima, para warga menginap di DPRD Kendal. Salah seorang warga dari Desa Sumbersari, Suparjo mengatakan, akan tetap bertahan di DPRD Kendal sampai mengetahui hasil pertemuan perwakilan warga yang didampingi anggota DPRD Kendal dengan Komisi V DPRD Kendal dan  Deputi II Staf Ahli Presiden pada Kamis mendatang. “Pokoknya, kami tetap di sini, setelah menerima hasil pertemuan di Jakarta nanti,”katanya.