Anggota DPR/NPR RI Tuti N Roosdiana Adakan Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan

0
457

Anggota DPR/MPR RI Tuti N Roosdiana Minggu (19/6/2016) melakukan Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan. Pada acara yang digelar di Aula Kecamatan Kaliwungu itu, Tuti menegaskankan bahwa Empat Pilar Kebangsaan adalah 4 unsur penyusun kemerdekaan kebangsaan Indonesia. Yaitu, Pancasila, UUD45, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika adalah satu paket pembicaraan utk mendapatkan feel jiwa yang merdekanya bangsa indonesia, baik jiwa merdeka dalam arti berdikari-berdaulat, maupun jiwa merdeka dalam arti bertoleransi-bersatu.

“Indonesia adalah negara yang berlandaskan Pancasila, dan Pancasila itu sebagai pandangan hidup bangsa Indonesia. Bineka Tunggal Ika harus dijunjung tinggi, sehingga Indonesia yang terdiri dari berbagai suku, bangsa, agama bisa hidup berdampingan, saling mengasihi dan bergotong royong,”ujarnya.

Sebagai anggota MPR yang mengemban amanat untuk menegakkan Pancasila, Tuti merasa prihatin dengan lunturnya nilai-nilai Pancasila di kalangan anak muda. Untuk itu harus disadarkan kembali dengan terus menanamkan nilai-nilai luhur bangsa ini. Terutama di sekolah-sekolah harus selalu ditanamkan melalui kebiasaan-kebiasaan yang dulu selalu dilakukan. “Upacara Bendera itu sangat penting, karena di situ ada pembacaan Pancasila, UUD ’45, Lagu Indonesia Raya,  dan lagu kebangsaan, sehingga akan selalu diingatkan,”katanya

Sementara itu, Prapto Utono yang hadir sebagai anggota DPRD Kendal Dapil 1 mengatakan, penanaman 4 Pilar Kebangsaan sangat penting, supaya sejak dini selalu ditanamkan jiwa kebangsaan. Prapto prihatin dengan anak-anak sekarang yang tidak hafal Pancasila dan lagu Indonesia Raya. “Bagaimana bisa menghayati dan mengamalkan Pancasila, kalau hafap saja tidak,”tukasnya.

Pada sosialisasi itu, Tuti N Roosdiana,  anggota DPR RI dari Dapil Jateng itu didampingi Staf Ahli Bona dan anggota DPRD Kendal Dapil 1 H. Prapto Utono. Acara yang dihadiri sekitar 150 kader dan simpatisan PDI Perjuangan itu dibarengkan dengan konsolidasi partai. Diakhiri dengan buka puasa bersama.