Anggota TNI AL Semarang Kembali Tanam Mangrove di Pantai Kartika Jaya

0
888
Anggota TNI AL (Lanal) Semarang kembali melakukan kegiatan penanaman manrove di pantai Kartika Jaya Minggu (8/1/2016). Kegiatan ini dilakukan bersama sejumlah elemen kepemudaan di Kabupaten Kendal, yakni Ikatan Mahasiswa Kendal (Imaken), Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC), Komado Kesiapsiagaan Anggota Muda Muhammdiyah (Kokam), SMKN 2 Kendal, dan pecinta alam di Kabupaten Kendal.

Paspotmar Lanal Semarang, Mayor Laut (S/W) Merin Ekawati, disela-sela kegiatan, mengatakan, kegiatan ini merupakan lanjutan dari kegiatan sebelumnya tahun 2015 lalu. Selain bibit Mangrove, kali ini juga dilakukan penanam bibit Cemara Laut. Jumlah mangrove yang ditanam sebanyak 1.500 bibit dan Cemara Laut 300 bibit. “Kegiatan kali ini sekaligus melihat perkembangan dan kondisi bibit-bibit Mangrove yang telah kami tanam pada tahun-tahun sebelumnya,” ujarnya.

Kegiatan tersebut juga didampingi Danposal Kendal, Peltu Komsani, yang memiliki wilayah kerja sepanjang pantai dari Rowosari hingga Kaliwungu, serta melibatkan Dinas Kelautan dan Perikanan Kendal.  Dengan penanaman Mangrove dan Cemara Laut dimaksudkan untuk mengurangi abrasi dan membentuk benteng perlindungan bagi rob. “Kami berharap, ada keterlibatan masyarakat sekitar dalam kegiatan ini, dalam hal merawat dan menjaga agar Mangrove dan Cemara Laut dapat tumbuh dan berkembang dengan baik. Soalnya, ini nantinya juga akan memberikan manfaat yang baik bagi masyarakat di sekitar pesisir Pantai Kartika Jaya,” paparnya.
Sementara itu, Ketua Pusat Pemberdayaan dan Pelayanan Masyarakat Pesisir (P3MP) Kendal, Wasito mengungkapkan kegiatan penanaman Mangrove di Pantai Kartika Jaya telah dilakukan empat kali pada tahun sebelumnya. Bibit Mangrove yang ditanam pada kegiatan sebelumnya, dapat tumbuh dengan baik sebesar 70 persen. Tanaman Mangrove tidak membutuhkan penyiraman, cukup pengawasan pertumbuhannya saja. “Kami berharap ada partisipasi dari warga untuk menjaga perkembangan kedua bibit ini,” harapnya.