Angka Serapan APBD Kendal 2015 Semakin Naik

0
706

Angka serapan anggaran APBD Kab Kendal tahun 2015 mencapai 83,78 persen, lebih tinggi dibanding tahun sebelumnya. Keterangan ini disampaikan Kabag Pembangunan Setda Kendal Hasyim Trijoko usai Rakor Pengendalian Operasional Kegiatan Kabupaten Kendal tahun anggaran 2015 Triwulan ke 4 di Pendopo Kabupaten Rabu (03/02/206).  Menurut Hasyim, dari anggaran belanja sebesar Rp 2,039 triliun, yang terserap sebanyak Rp 1,708 triliun. “Sudah lima tahun terakhir ini angka serapannya selalu naik,”ujarnya.

Terkait dengan pengadaan barang dan jasa yang proses pelelangannya dilakukan oleh ULP, yakni dari jumlah paket lelang sebanyak 233 paket, yang didaftarkan sebanyak 204 paket. Sedangkan paket lelang yang berhasil memilih penyedia sebanyak 190 paket. Menurut Hasyim, semakin tingginya angka serapan anggaran itu karena beberapa faktor, yaitu adanya Tim Evaluasi Realisasi Penyerapan Anggaran yang bekerja cukup efektif. Juga adanya rakor internal SKPD untuk mengukur dann mengetahui kinerja yang telah dicapai tiap dua bulan sekali. Kenudian selalu diadakann rakor pengendalian kegiatan untuk menentukan langkah kebijakan. “Rakor-rakor tersebut ternyata cukup efektif, karena bisa diketahui perkembangan pelaksanaan pekerjaannya, sekaligus evaluasi,”katanya.

Sementara itu Penjabat Bupati Kendal Kunto Nugroho mengapreasi atas kinerja yang cukup baik. Ke depan agar terus ditingkatkan dengan kualitas yang lebih baik lagi. Semua kegiatan harus direncanakan dengan matang, karena hasil yang baik akan berdampak positif bagi masyarakat. “Ke depan bisa direncanakan dengan cepat dan tepat sesuai harapan masyarakat,”harapnya. (Ab)