Awas, Waspada Virus Zika!

0
529
Saat ini dunia sedang ditakutkan dengan Virus Zika. Virus ini mewabah di negara-negara Amerika Latin, namun sudah mulai menyebar ke beberapa negara, sehingga negara lain pun ikut waspada.  Dan di Indonesia pun dikabarkan sudah ada yang terkena virus ini. Virus yang disebarkan melalui gigitan nyamuk demam berdarah atau Aedes Aegypti ini,  jika terinfeksi pada ibu hamil, dapat menyebabkan kematian pada si kecil atau menderita penyakit Mikrosefolus, yaitu kondisi bayi, kepalanya kecil dan tidak normal.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Kendal dr Widodo M Sutomo menjelaskan, gejala penyakit ini sama dengan peyakit Demam Berdarah, yaitu demam dan sakit kepala, bintik merah, mata memerah, nyeri otot dan nyeri sendi. Rasa sakit biasanya tergolong ringan dan gejala berlangsung beberapa hari atau satu minggu. Masa inkubasi berkembangbiaknya antara 3-12 hari.

“Gejala-gejala terkena virus Zika ini sama dengan DBD, dan tertularnya pun sama oleh jenis nyamuk Aedes Aegypti. Hanya saja hasil cek laboratorium yang berbeda,”katanya.

Dokter Widodo mengatakan, walaupun di Kendal belum ada yang terkena virus ini, namun pihaknya akan segera berkoordinasi dengan semua puskesmas dan bidan, untuk segera memberikan sosialisasi kepada masyarakat. “Ya ini sedang mengumpulkan bahan-bahan dulu, dan segera berkoordinasi dengan semua pueskesmas,”ujarnya.

Dokter Widodo menyarankan, jika ada ibu hamil mengalami gejala yang sama dengan gejala Demam Berdarah, maka harus segera periksa ke Puskesmas atau dokter.  Kepada masyarakat juga dihimbau agar menjaga kebersihan rumah dan lingkungan sekitar, untuk mencegah berkembang biaknya nyamuik Aedes Aegypti, dengan melakukan 3M. Dianjurkan agar menutup jendela dengan kelambu dan mengenakan celana panjang dan baju lengan panjang.