Babinsa Wonosari Patebon bersama Bhabinkamtibmas dan Bidan Desa Sosialisasi Pentingnya Pakai Masker kepada Warga yang Berobat di Puskesmas

Babinsa Wonosari Patebon bersama Bhabinkamtibmas dan Bidan Desa Sosialisasi Pentingnya Pakai Masker kepada Warga yang Berobat di Puskesmas

0
483

Babinsa Wonosari Koramil 0715-02/Patebon Serma Romdi bersama Bhabinkamtibmas dan bidan desa setempat melaksanakan sosialisasi dan himbauan tentang pentingnya menggunakan masker untuk mencegah penyebaran covid 19 kepada masyarakat yang sedang berobat di Puskesmas Pembantu Kecamatan Patebon di Desa Wonosari, Rabu (27/05/2020).

Adelia, Bidan Desa Wonosari menjelaskan, bahwa penyebaran virus corona bisa melalui droplet yang keluar dari tubuh seseorang saat batuk atau bersin. Apabila sesorang yang terpapar virus corona bersin sembarangan, maka akan menjadi potensi penularan kepada orang lain. “Menggunakan masker itu sangat penting, karena bisa mencegah atau menularkan vrus corona kepada orang lain,” terangnya.

Adelia menambahkan, jika droplet yang keluar terkena tangan, kemudian tangan tersebut menyentuh benda, maka benda tersebut akan terpapar virus corona, dan kemudian disentuh lagi oleh orang lain, maka orang tersebut bisa terpapar virus tersebut. Untuk itu salah satu upaya pencegahan adalah menggunakan masker, yang berguna menahan droplet saat batuk dan bersin supaya tidak menyebar,” jelasnya.

Sementara Serma Romdi menambahkan tentang pentingnya mencuci tangan secara rutin sebagai salah satu upaya dalam mencegah penyebaran covid 19. Oleh karena itu untuk antisipasinya dengan mencuci tangan menggunakan sabun yang dapat membunuh virus corona. “Kita tidak tahu apakah kita menyentuh barang yang terpapar virus corona atau tidak, mencuci tangan menggunakan sabun sangat penting supaya virus corona yang ada di tangan bisa mati,” terangnya.

Hal senada disampaikan oleh Bhabinkamtibmas Aipda Haris, selain menggunakan masker dan rutin mencuci tangan, upaya lain yang perlu dilakukan adalah dengan physical distancing atau menjaga jarak. Dengan menjaga jarak, maka akan mengurangi potensi penularan coovid-19, karena kita tidak tau orang yang terpapar virus corona. “Kita juga tidak diperkenankan untuk berjabat tangan, juga menjaga jarak setidaknya 1 meter jika memang harus berinteraksi langsung dengan orang lain,” ujarnya.