Banser dari Satkoryon Kaliwungu Ikut Pelatihan SAR dan Baris-berbaris

Banser dari Satkoryon Kaliwungu Ikut Pelatihan SAR dan Baris-berbaris

0
109

Swarakendal.com : Sebanyak 70 personel Banser dari Satuan Koordinator Rayon (Satkoryon) Kaliwungu mengikuti pelatihan serach and resque (SAR) dan baris berbaris yang digelar oleh Pengurus Anak Cabang (PAC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kaliwungu, Minggu 28/03/2021). Latihan ini dilakukan sebagai langkah untuk kesiapan dari pasukan terdepan Nahdlatul Ulama (NU) dalam membantu masyarakat. 

Ketua PAC Kaliwungu, Ahmad Ali Nurudin mengatakan, tujuan pelatihan SAR agar ke depan Banser di Kaliwungu bisa membantu masyarakat jika sewaktu-waktu terjadi bencana, sedangkan pelatihan PBB agar Banser memiliki kedisiplinan, sehingga saat bertugas melakukan penjagaan, bisa melaksanakan sesuai protokoler pengawalan. “Tugas utama Banser adalah mengawal dan melindungi ulama dan kiai, tapi harapan ke depan Banser berkiprah banyak dalam membantu masyarakat,” katanya.  

Ali mengatakan, di Banser ada unit khusus, di antaranya adalah Banser Tanggap Bencana (Bagana) dan Banser Pemadam Kebakaran (Balakar). Mereka bertugas membantu Tim SAR untuk melaksanakan tugas membantu melakukan evakuasi saat terjadi bencana. Juga ada Banser Lalulintas (Balantas) yang membantu petugas lalu lintas di jalan raya. “Banser adalah Barisan Ansor Serbaguna, jadi mereka harus siap saat diterjunkan dimanapun dan kapanpun,” jelasnya.

Kepala Satkoryon Banser Kaliwungu, Muhammad Basbet menambahkan, pelatihan digelar di tempat wisata Pantai Ngebum Kaliwungu. Para peserta diajari teknik evakuasi dan penyelamatan korban bencana. Mereka adalah perwakilan dari masing-masing ranting yang berada di sembilan desa di Kecamatan Kaliwungu. “Harapan kami, saat ada bencana di desanya, para Banser ini sudah siap untuk melakukan SAR,” tandasnya.