Bantuan Sembako PPKM Darurat 2021 di Kendal sudah Cair

Bantuan Sembako PPKM Darurat 2021 di Kendal sudah Cair

0
30

Swarakendal.com : Sebanyak 10.638 kepala keluarga di Kabupaten Kendal menerima bantuan program sembako PPKM Darurat dari Kementerian Sosial, periode bulan Oktober November dan Desember 2021. Bantuan per bulan sebesar Rp 200 ribu, untuk 3 bulan, sehingga total sebesar Rp 600 ribu.  Penerimaan dilakukan di masing-masing kecamatan, mulai Jumat lalu sampai Rabu 12 Januari 2022. Bantuan diterima dalam bentuk kartu melalui bank yang ditunjuk. Kartu tersebut harus dibelanjakan sembako di e warung yang terdekat di tempat tinggal masing-masing penerima.

Kepala Dinas Sosial Kendal, Toni Ari Wibowo mengatakan, sasaran penerima bantuan adalah warga tidak mampu yang sudah diverifikasi oleh petugas di masing-masing desa atau kelurahan. Penerimaan bantuan dilakukan di kecamatan, sesuai jadwal yang telah ditentukan. “Ini adalah kegiatan dari Kementerian Sosial yang ditujukan kepada masyarakat yang masuk ke dalam KPM baru program sembako PPKM Darurat 2021 lalu,” jelasnya.

Untuk mencegah terjadinya kerumunan, pihaknya sudah meminta kepada masing-masing kecamatan untuk membuat jadwal per desa atau kelurahan supaya tidak datang pada jam yang sama. “Kelurahan maupun desa kita atur, tapi mungkin karena antusias dari masyarakat untuk segera mendapat, akhirnya penumpukan seperti ini,” katanya.

Camat Kota Kendal Asiyati Rosyada mengatakan, untuk Kecamatan Kota Kendal jumlah penerima bantuan ini sebanyak 866 kepala keluarga. Penerimaan bantuan dilakukan hanya satu hari pada Selasa 11 Desember 2022. Pihak pendamping pun sudah menjadwal sesuai jam yang ditentukan untuk masing-masing kelurahan. Namun dalam pelaksanaannya terjadi penumpukan massa, karena sebagian besar penerima datang pada jam yang sama. “Yang penting sudah dijadwalkan dan Alhamdulillah sudah berjalan lancar atas koordinasi kerja sama antara kecamatan dengan Forkompimcam dan dari pendamping juga Dinas Sosial,” jelasnya.

Salah satu pemilik e warung di Kelurahan Jetis Kecamatan Kendal, Dwiyani Kelurahan mengatakan, warungnya hanya mendapatkan jatah untuk 60 penerima. Untuk jenis sembako yang disiapkan sesuai yang ditentukan, yakni beras, telur, buah-buahan dan kacang-kacangan. “Untuk jenis kacang-kacangan bisa kacang hijau, kacang kedelai berupa tahu atau tempe,” ujarnya.