Bawaslu Kendal Temukan sekitar Dua Ribuan APK dan BK yang Pemasangannya Langgar Aturan

Bawaslu Kendal Temukan sekitar Dua Ribuan APK dan BK yang Pemasangannya Langgar Aturan

0
146

Bawaslu Kendal menemukan sejumlah 2.305 alat peraga kampanye (APK) dan bahan kampanye (BK) yang dinilai melanggar aturan, sehingga masuk dalam pelanggaran administrasi pemilihan. Rincian jumlah total APK dan BK yang melanggar berbeda-beda. Untuk Paslon nomor 1 (DIBAS) sebanyak 634 buah, Paslon nomor 2 (NURANI) sebanyak 970 buah, dan Paslon nomor 3 (TIM) sebanyak 702 buah.

Ahmad Ghozali, Kordiv Pengawasan Bawaslu Kendal mengatakan, pihaknya telah menyampaikan Surat Rekomendasi Nomor 887/2020 kepada KPU Kendal terkait penertiban APK dan BK. Surat Rekomendasi tersebut agar diberitahukan kepada masing-masing paslon untuk menertibkan APK yang melanggar pemasangannya. “Jika dalam waktu 1×24 jam pihak paslon belum menertertibkan sendiri, maka Bawaslu Kendal akan berkoordinasi dengan pihak berwenang untuk menertibkan APK dan BK yang pemasangannya melanggar aturan,” katanya, Selasa (13/10/2020).

Firman T. Sudibyo Kordiv Penanganan Pelanggaran Bawaslu Kendal mengatakan, Bawaslu Kendal sudah berkoordinasi dengan pihak yang berwenang untuk menertibkan APK dan BK yang melanggar di dua puluh kecamatan dengan jadwal menyusul. “Rencananya akan dilakukan penertiban pada Kamis besok,” ujarnya.