Baznas Kendal Salurkan Bantuan Tahap 1 Tahun 2018

Baznas Kendal menyalurkan bantuan tahap 1 tahun 2018

0
788

Baznas Kendal pada Selasa 27 Maret 2018  menyerahakan bantuan untuk tahap pertama di tahun 2018. Bantuan yang diberikan berupa 10 gerobak beserta modal usaha Rp 500 ribu per orang dan satu unita mesin jahit. Selain itu ada 425 paket sembako terdiri atas beras dan minyak goreng, serta bantuan untuk guru madin, TPQ,  RA,  dan GTT MIN dan MTs yang nilainya Rp 112 juta. Penyerahan bantuan yang dilakukan di kabupaten secara simbolik dilakukan oleh Bupati Kendal dr Mirna Annisa.

Ketua Baznas Kendal KH Ubaidilah mengatakan, penyaluran bantuan dari Baznas kali ini, sebagian berasal besar dari UPZ Baznas Kementerian Agama Kab Kendal. Dikatakan, saat ini zakat yang disalurkan melalui Baznas sebagian besar dari kalangan pegawai negeri. Namun demikian, masih belum maksimal, karena dari sekitar 8.000 pegawai negeri di Pemkab Kendal, baru sekitar 799 pegawai yang telah menyalurkan zakatnya melalui Baznas Kendal atau sekitar 9,04 persen. “Kami terus memacu, terutama kepada OPD yang belum membentuk UPZ agar segera membentuk UPZ,”ujarnya.

Menurut Bupati Kendal dr Miran Annisa, perkembangan Baznas di Kab Kendal sudah cukup bagus, padahal Baznas di Kendal baru dibentuk dua tahun. Bahkan jumlah muzakkinya paling tinggi di Jateng. Bupati berharap, bukan hanya kalangan pegawai negeri, tapi masyarakat lain juga menyalurkan zakatnya melalui Baznas Kendal. “Saya kira kesadaran berzakat masyarakat Kendal sudah bagus, hanya saja belum disalurkan melalui Baznas,”katanya.