BNNK Kendal Ajak Awak Media Ikut Sukseskan Program Kota Tanggap Ancaman Narkoba

BNNK Kendal Ajak Awak Media Ikut Sukseskan Program Kota Tanggap Ancaman Narkoba

0
256

Swarakendal.com : Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Kendal menggelar workshop tentang penguatan kapasitas kekuatan media dalam menghadapi ancaman narkoba. Kegiatan ini untuk menggandeng para wartawan supaya lebih aktif melakukan edukasi dan sosialisasi tentang bahaya narkoba kepada masyarakat. Workshop yang digelar di Tirtoarum Baru Kendal diikuti 20 peserta dari kalangan media, Jumat 13 Agustus 2021.  Narasumber selain dari BNNK Kendal, juga menghadirkan narasumber dari Kesbangpol dan Dinas Kominfo Kendal.

Kepala BNN Kabupaten Kendal, Anna Setiawati mengatakan, tahun ini BNNK Kendal mencanangkan program kota tanggap ancaman narkoba (Kotan). Untuk menyukseskan program Kontan ini, BNNK Kendal melibatkan semua pihak, di antaranya para wartawan. “Kamai juga telah menggandeng dari unsur aparat penegak hukum, pemerintah, pemangku adat, pelaku budaya dan tokoh masyarakat, untuk bersama-sama mewujudkan kabupaten yang tanggap terhadap ancaman narkoba,” katanya.

Anna Setiawati mengatakan, untuk menuju kota tanggap ancaman narkoba, dimulai dari lingkup yang kecil, yakni lingkup keluarga, lingkup pendidikan, kemudian lingkup desa hingga mencapai lingkup kabupaten. Program Kontan ini dicanangkan untuk mendorong pemerintah kabupaten dalam menggerakkan masyarakat untuk bersama-sama tanggap ancaman narkoba. “Upaya ini dilakukan dengan memperkuat ketahanan keluarga, memperkuat ketahanan masyarakat dan memperkuat ketahanan kewilayahan,” jelasnya.


Sementara itu Anggri Yulianto dari Kantor Kesbangpol Kendal mengatakan, pengaruh narkoba dijadikan alat untuk melemahkan kesatuan bangsa dengan sasaran anak-anak muda. Sebab jika generasi muda rusak terkena narkoba, maka akan merusak tatanan masyarakat, birokrasi dan meluas ke tatanan negara. Oleh karena itu peran masyarakat sangat dibutuhkan untuk bersama-sama memerangi penyalahgunaan narkoba. Peran masyarakat itu sebagai tanggung jawab untuk ikut berperan serta dengan cara yang paling sederhana. “Awak media sebagai bagian dari masyarakat, terkait dengan pencegahan penyalahgunaan narkoba, itu bukan kewajiban, tetapi bentung tanggung jawab sebagai bagian dari masyarakat,” ujarnya,

Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi (IKP) Diskominfo Kendal, Bekti Retno Mustikasari berharap, pihak BNN Kabupaten Kendal bisa bersinergi dengan para wartawan, sehingga kegiatan-kegiatan atau program BNNK Kendal bisa terekspos di media. Utamanya dalam edukasi dan sosialisasi tentang penyalahgunaan narkoba. “Dari BNNK Kendal juga aktif untuk menginformasikan kepada wartawan, sehingga mereka bisa mempublikasikan kegiatan-kegiatan yang ada di BNN, terutama untuk sosialisasi dan edukasi tentang bahaya narkoba kepada masyarakat,” katanya. 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan tambahkan komentar Anda!
Ketik nama anda di sini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.