BNNK Kendal Dorong Pembentukan Desa Bersinar (Bersih dari Narkoba) di Kabupaten Kendal.

BNNK Kendal gelar Rapat Koordinasi Program Pemberdayaan Masyarakat Antinarkoba

0
317

Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Kendal di tahun 2020 mendorong pembentukan Desa Bersinar (Bersih dari Narkoba) di Kabupaten Kendal. Tujuannya agar masyarakat berperan aktif ikut serta mengawasi penyalahgunaan narkoba di lingkungan sekitar.  Hal ini terungkap dalam Rapat Koordinasi Program Pemberdayaan Masyarakat Antinarkoba dengan melibatkan unsur pemerintah dan masyarakat, Selasa (3/3/2020) di Hotel Sae Inn Kendal.

 

Kepala BNNK Kendal, AKBP Sharlin Tjahaja Frimer Arie mengatakan, meskipun Kabupaten Kendal tidak masuk dalam daftar daerah rawan narkoba, namun jika melihat letak geografisnya, maka Kabupaten Kendal merupakan kondisi yang strategis untuk penyebaran narkoba, lantaran terdapat beberapa jalur, baik laut maupun daerah pegunungan.

“Lokasi kendal ini terbilang strategis karena kita diapit beberapa fasilitas pendukung untuk jalur narkoba, seperti laut maupun daerah pegunungan. Maka dari itu kami mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk terlibat dengan membangun Desa Bersinar,” kata Kepala BNNK Kendal.

 

Sharlin mengatakan, untuk memperketat pengawasan peredaran narkoba, pihaknya turut menggandeng pihak Kantor Pos maupun Ojek Online. Dalam hal ini BNNK Kendal memberikan bimbingan dan pemahaman tentang narkoba termasuk pelayanan pengiriman yang dinilai mencurigakan, dengan tujuan pihak layanan dapat mengambil sikap.  “Karena bisa saja ada pengiriman paket narkoba yang memanfaatkan jasa transportasi dan pengiriman barang melalui pos atau ojek online,” ujarnya.

 

Terkait dengan program Desa Bersinar, BNNK Kendal akan mengambil langkah baru seperti yang dilakukan di daerah Bali, yaitu dengan menerapkan tes narkoba bagi calon pengantin dengan tujuan menciptakan lingkungan yang bersih dari narkoba. “Kami ingin di calon pengantin di Kendal juga dites narkoba sebagai tindakan pencegahan dan sosialisasi bahaya narkoba kepada masyarakat,” katanya.

 

Menanggapi hal tersbut, Wakil Bupati Kendal Masrur Masykur selaku pihak pemerintah menyamabut baik tentang rencana BNNK Kendal dalam mewujudkan Desa Bersinar terutama melibatkan tes narkoba bagi calon penganting.

“Jelas hal itu adalah torbosan bagus, dengan mewujudkan desa bersih dari narkoba, tentu saja dimulai dari keluarga dan itu juga memiliki tujuan yang baik nantinya,” kata Wakil Bupati Kendal.

 

Setelah acara Rakor, untuk mewujudkan Desa Bersinar, BNNK Kendal akan segera melakukan Bimbingan Teknis  (Bimtek) kepada seluruh elemen penunjang di antaranya pemerintah meliputi camat, Paguyuban Lurah, TNI dan Polri serta termasuk dunia pendidikan. Juga kepada pihak swasta seperti kantor pos dan ojek online terkait jasa pengiriman barang, transportasi konvensional dan transportasi online.