BPBD Kendal siap Bantu Air Bersih ke Warga Terkena Banjir

0
516
Akibat banjir yang cukup tinggi di pemukiman, banyak sumur warga tercemar air banjir. Seperti di Desa Jatirejo Kec Ngampel, karena sumur-sumur terendam bajir, warga belum bisa menggunakan air sumur. Sementara ini untuk keperluan sehari-hari, terutama untuk masak dan minum, warga meminta bantuan air bersih.

Kepala BPBD Kendal Slamet SE mengatakan, mulai Senin (20/6/2016) sore telah mengirimkan bantuan air bersih ke Desa Jatirejo sebanyak 2 tanki. Per tanki berisi 5.000 liter. Jika per jiwa membutuhkan air sekita 7 liter per hari, maka bantuan dua tanki air atau 10.000 liter hanya untuk sekitar tujuh ribu jiwa. “Pihak BPBD siap menyalurkan bantuan air jika ada permintaan,”katanya

Slamet mengatakan, pihak BPBD Kendal akan mengirimkan bantuan air jika ada permintaan resmi dari desa setempat yang disampaikan melalui kecamatan. Warga tidak bisa secara pribadi meminta langsung, tapi harus melalui desa.  “Sampai saat ini hanya desa Jatirejo Ngampel yang sudah meminta bantuan air bersih,”ujarnya.

Selain itu, sedang dipersiapkan bantuan natura, terutama beras kepada warga terdampak banjir, terutama warga kurang mampu. Bagi petani yang tanamannya rusak terkena banjir, juga akan mendapat bantuan benih yang akan dilakukan melalui Dinas Pertanian. “Kalau bantuan beras akan dilakukan melalui Dinas Sosial,”pungkasnya.