BPR BKK Kendal Beri Pinjaman untuk Warga yang akan Buat Jamban

BPR BKK Kendal launching Kredit Sanitasi

0
1143

PD PBR BKK Kendal melaunching produk baru yaitu Kredit Sanitasi atau Air. Launching produk ini bersamaan dengan acara Penyaringan Hadiah Tamades dan Deposito BPR BKK Kendal pada Kamis 18 Januari 2018 di Gedung Olahraga Salamsari Boja. Dilaunching oleh Bupati Kendal dr Mirna Annisa, sekaligus penyerahan bantuan CSR BPR BKK Kendal.

Direktur Umum PD BPR BKK Kendal, Ahmad Mundolin mengatakan, Kredit Sanitasi diperuntukkan bagi warga yang akan meminjam uang untuk membuat jamban. Kredit Sanitasi disebut juga Kredit air, karena diperuntukkan pula bagi kelompok warga yang membutuhkan dana pinjaman untuk membuat saluran air bersih. “Warga yang ingin membuat jamban bisa pinjam di BPR BKK Kendal atau kelompok warga yang akan membuat sarana air bersih,”jelasnya.

Mundolin mengatakan, dibukanya Kredit Sanitasi ini untuk membantu program pemerintah Kab Kendal dalam upaya Kendal menuju daerah Bebas Buang Air Besar (BAB) Sembarangan. Di Kab Kendal ada sekitar 18 ribu kepala keluarga yang belum memiliki jamban. “Dana di BPR BKK Kendal jumlahnya jumlahnya cukup untuk sekita 18 ribu KK yang belum memiliki jamban,”katanya.

Bupati Kendal dr Mirna Annisa mengatakan, Kendal ditargetkan pada tahun 2019 sudah menjadi daerah Bebas Buang Air Besar Sembarangan. Karena itu harus ada komitmen bersama untuk mendukung program Kendal BAB Sembarangan, sehingga diharapkan kepada semua desa ikut memberika suport supaya program ini bisa berjalan. Pihak desa diharapkan ikut menysosialisasikan Kredit Sanitasi di BPR BKK Kendal agar masyarakat yang belum memiliki jamban bisa memanfaatkan pinjaman ini. “Untuk mewujudkan Kendal bebas BAB sembarangan dibutuhkan komitmen bersama. Karena itu, adanya Kredit Sanitasi ini harus ada support dari pihak desa supaya program ini sukses,”harapnya.

Setelah launching Kredit Sanitasi dilanjutkan dengan Penyaringan Hadiah Tamades dan Deposito BPR Kendal dengan hadiah utama dua mobil Daihatsu Ayla dan dua sepeda motor. Hadiah lainnya di antaranya 5 kulkas, 5 TV 21 inch, 5 mesin cuci.