Bulan Ramadan, PMI Kendal Buka Layanan Donor Darah Malam Hari

0
519

PMI Cabang Kendal siap melakukan pelayanan donor darah di malam hari selama bulan Ramadan. Hal ini supaya stok kebutuhan darah tetap tercukupi. Ketua PMI Cabang Kendal dr Budi Mulyono mengatakan, stok darah di PMI Cabang Kendal masih mencukupi untuk kebutuhan sampai pertengahan Ramadan mendatang. “Stok saat ini sekitar 600 kantong untuk semua golongan darah,”katanya.

Dokter Budi mengatakan, untuk menambah stok darah selama bulan Ramadan, pihak PMI Kendal tetap melakukan pelayanan donor darah. Kegiatan donor darah di luar oleh masyarakat tetap dilakukan.  Karena kondisi puasa, bagi kalangan muslim bisa dilakukan malam hari setelah solat tarawih. “Karena kondisi puasa, kami siap melayani kegiatan donor di bulan puasa dilakukan malam hari,”ujarnya.

Sementara itu, Toni, petugas PMI Kendal mengatakan, donor darah di kantor PMI selama bulan Ramadan banyak dilakukan secara perorangan pada malam hari. Namun kegiatan donor darah di luar oleh instansi atau kelompok masyarakat hampir tidak ada. “Di bulan puasa, kegiatan donor darah biasanya di gereja,”kata Toni.