Bumdes Dempelrejo Launching Kampung Enterpreneur Kids (KEK)

0
877

Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Rejo Mulyo, Desa Dempelrejo, Kecamatan Ngampel, menggelar launching Kampung Enterpreneur Kids (KEK) pada Minggu (02/02/2020), di Pasar Gilisari.

Rangkaian acara utama terdiri dari senam sehat, penampilan band indie karang taruna desa setempat, kesenian barongan, dan bazar makanan tradisional. Ada 7 gazebo bambu yang menjual berbagai penganan tradisional seperti bubur, opak, rengginang, pilus, es selendang mayang, es goyobod, dan masih banyak lagi. Uniknya, transaksi pembelian makanan tersebut menggunakan uang koin dari kayu. Pengunjung harus menukar uang mereka di gazebo satu dengan koin kayu yang bernilai Rp2.000 hingga Rp10.000.

Direktur Bumdes Rejo Mulyo, Atman mengatakan bahwa Bumdes ini bergerak di bidang pengembangan usaha, yang memanfaatkan lahan kosong untuk meningkatkan pendapatan asli desa. Rencananya, akan dibangun wisata edukasi yang fokus pada cara menanamkan jiwa enterpreneur dan leadership kepada anak.

Selain gazebo berbagai makanan tradisional, tersedia juga taman bunga mini yang bisa dijadikan spot foto bersama keluarga. Kelebihan dari lokasi KEK ini adalah terletak di tengah persawahan. Jika beruntung, anak-anak bisa melihat pemandangan kereta api melintas di tengah sawah yang kini sudah jarang ditemukan. Tak hanya anak-anak, sasaran utama dari kegiatan ini adalah remaja, ibu-ibu rumah tangga, dan UKM lokal.

“Harapan kami ini bisa menjadi pemasukan untuk masyarakat asli desa, dan untuk generasi muda yang belum ada kegiatan positif atau masih pengangguran bisa mendapatkan hasil dari sini,” ujar Atman.

Para pedagang dan UKM mengaku diuntungkan dengan adanya kegiatan ini.

“Saya jualan jagung rebus, pilus, opak, sama jus. Rata-rata yang beli ibu-ibu. Jagung harganya Rp2.500, pilus Rp500, opak Rp5.000, jus Rp2.500. Acara ini sangat berkesan dan menguntungkan. Harapannya supaya terus berlanjut dan lebih maju,” kata Solikhatun, salah satu pedagang.

Dikatakan, launching KEK Desa Dempelrejo ini akan berlangsung selama satu bulan untuk pengenalan kepada masyarakat sekitar. Kegiatan yang akan diselenggarakan beberapa pekan ke depan antara lain pertunjukan keroncong dan pelatihan tari tradisional untuk anak-anak.

Ananda/UNS