Bupati Dico bersama Forkopimda Patungan beli Sembako untuk Bantu Pelaku Usaha di Tempat Wisata Terdampak PPKM

Bupati Dico bersama Forkopimda Patungan beli Sembako untuk Bantu Pelaku Usaha di Tempat Wisata Terdampak PPKM

0
38

Swarakendal.com : Dengan ditutupnya tempat wisata karena kebijakan PPKM Darurat yang diperpanjang PPKM Level 4 di Kabupaten Kendal membuat para pelaku usaha di tempat wisata kehilangan penghasilan. Untuk mencukupi kebutuhan hidup sehari-hari, mereka hanya mengandalkan tabungan yang ada, hingga harus menggadai atau menjual perhiasan miliknya.

Seperti para pelaku usaha di wisata Pantai Ngebum Kaliwungu Kendal, mulai pemilik kios atau warung, pedagang kaki lima, penyewa mainan dan fasilitas wisata pantai sangat merasakan dampaknya. Selama ini mereka belum mendapatkan bantuan, karena bantuan dari pemerintah yang sudah turun, baru untuk keluarga penerima Bantuan Sosial Tunai dan PKH, berupa beras 10 kilogram. Sedangkan bantuan untuk para pedagang kaki lima dan pelaku usaha terdampak PPKM masih diusulkan kepada pemerintah provinsi, padahal kondisi saat ini sudah memprihatinkan.

Lismawati, pemilik warung di wisata Pantai Ngebum mengaku, untuk mencukupi kebutuhan hidup sehari-hari selama tempat wisata tutup mengaku, hanya mengandalkan simpanan uang yang ada. Ia tidak bisa mencari penghasilan dengan usaha lain, karena sibuk mengurus anaknya yang masih kecil. 

“Tidak ada penghasilan, karena ada PPKM ya tutup total karena ada PPKM. Untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari ya masih ada uang tabungan, kebetulan pas liburan Lebaran Syawal masih buka cukup ramai,” katanya. 

Untuk membantu meringankan beban, Bupati Kendal bersama Forkopimda menyisihkan sebagian gajinya untuk membeli sembako, kemudian dibagikan kepada para pelaku usaha di tempat wisata. 

Bupati Kendal bersama Kapolres Kendal, Dandim 0715 Kendal, Kepala Kejaksaan Negeri Kendal  membagikan bantuan sembako kepada para pelaku usaha di wisata Pantai Ngebum Kaliwungu, Sabtu (30/7/2021). Kepada para pelaku usaha, Bupati memberikan semangat dan meminta kepada pelaku usaha untuk tetap menjaga protokol kesehatan agar pandemi segera berakhir, sehingga tempat wisata kembali dibuka agar perekonomian warga menggeliat. “Kami menyiapkan 3.000 paket sembako akan dibagikan  kepada pelaku usaha di tempat wisata yang terdampak pandemi di Kabupaten Kendal,” ujarnya.

Istri Bupati artis Chacha Frederica juga memborong dagangan warga, yang mengaku berjualan berkeliling untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.  Di Pantai Ngebum Kaliwungu sendiri  ada 146 pedagang yang terpaksa tutup, sehingga tidak mendapatkan penghasilan. Padahal Pantai Ngebum ini selalu ramai dikunjungi wisatawan dari Kendal maupun kota lainnya.