Bupati Dico Support Ekspansi PT APF Kaliwungu

Bupati Dico Support Ekspansi PT APF Kaliwungu

0
28

Swarakendal.com : Perusahaan tekstil PT Asia Pacific Fibers (APF) yang berbeda di Kaliwungu berencana melakukan ekspansi untuk meningkatkan produksi. Tidak hanya itu, PT APF juga mengusulkan kepada pemerintah agar industri tekstil di Kendal dikembangkan menjadi Tekstil Park. Hal ini terungkap saat kunjungan Bupati Kendal di PT APF, Rabu (12/01/2022).

Direktur Utama PT APF, Ravi Shankar mengatakan, bahwa negara yang sukses industri tekstil itu yang mengintegrasikan kawasan tekstil atau Tekstil Park. Untuk itu PT APF sedang mengusulkan agar industri tekstil di Kendal menjadi Tekstil Park, karena Kendal memiliki potensi yang besar untuk berkembang menjadi Tekstil Park. 

Tekstil Park ini semacam klaster yang terintegrasi dengan perusahaan-perusahaan pendukung, mulai dari perusahaan benang, perusahaan kain hingga perusahaan garmen, termasuk rumah-rumah sekitar juga bisa terlibat dalam proses tekstil. “Kalau lihat tekstil, kalau industri ini sebar-sebar itu tidak optimum, karena respon timenya paling nomor satu untuk respon cepat, jadi memang Textile Park lebih integrated, itu yang sukses di negara-negara yang sudah sukses di tekstil,” jelasnya.

Ravi Shankar mengatakan, PT APF juga berencana melakukan ekspansi karena permintaannya semakin tinggi. Saat ini PT APF memiliki 2.000 karyawan. Untuk ekspansi ke depan akan menambah sekitar 300 karyawan. Jika nantinya sudah berkembang menjadi Tekstil Park, maka penambahan karyawan akan lebih besar lagi. “Kalau kita rencana ekspansi kita ya bisa 300 karyawan, tergantung nanti kalau program ini, kalau ini jadi Textile Park, jauh lebih besar, bisa 1.000 karyawan,” katanya.

Bupati Kendal Dico M Ganinduto pun mendukung rencana ekspansi PT APF. Hal ini sesuai dengan komitmen untuk membantu perusahaan supaya semakin berkembang. Untuk itu pihaknya mensupport agar ekspansi bisa berjalan dengan cepat. Harapannya bisa menyerap tenaga kerja lebih banyak lagi, sehingga akan membantu meningkatkan perekonomian di Indonesia, khususnya di Kabupaten Kendal. “Kami support juga agar ekspansinya bisa berjalan dengan cepat, harapannya bisa menyerap tenaga kerja dan juga membantu untuk meningkatkan perekonomian di Kabupaten Kendal dan juga Jawa Tengah dan Indonesia secara umum,” harapnya.