Bupati Kendal Ikut Aktif Sosialisasi Aplikasi Kendal Karier

Aplikasi Kendal Karier

0
93
Swarakendal.com : Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Disperinnaker) Kendal melakukan sosialisasi aplikasi Kendal Karier di Kecamatan Ngampel, Selasa (15/11/2022). Aplikasi Kendal Karier merupakan salah satu inovasi dari Pemkab Kendal untuk memfasilitasi masyarakat Kendal yang mencari kerja dengan perusahaan.
Kepala Disperinnaker Kendal, Cicik Sulastri mengatakan, aplikasi Kendal Karier ini khusus untuk membantu warga Kendal untuk mendapatkan pekerjaan. Saat ini sudah ada 1.000 orang yang mendapatkan pekerjaan melalui aplikasi Kendal Karier. “Yang mendaftar kerja lewat aplikasi Kendal Karier sekitar 3.000 orang, dan yang sudah diterima bekerja sebanyak 1.000 orang,” jelasnya.
Cicik mengatakan, manfaat aplikasi Kendal Karier ini juga sebagai data base angka pengangguran di Kabupaten Kendal. Data base ini untuk membuat prioritas kebijakan dalam mengatasi angka pengangguran di Kabupaten Kendal. “Melalui aplikasi ini bisa diketahui angka pengangguran di Kabupaten Kendal, sehingga bisa dijadikan dasar dalam pengambilan kebijakan, misalnya mengadakan pelatihan sesuai kebutuhan,” jelasnya.
Bupati Kendal Dico M Ganinduto berharap, agar masyarakat Kendal memanfaatkan teknologi, sehingga harus melek teknologi, karena bisa untuk mencari peluang dan meningkatkan kualitas hidup. Salah satunya memanfaatkan aplikasi Kendal Karier. Aplikasi Kendal Karier ini untuk memfasilitasi calon tenaga kerja yang belum memiliki keterampilan untuk diberi pelatihan hingga diterima sebagai pekerja. Oleh karena itu aplikasi ini harus dimanfaatkan bagi masyarakat Kendal yang belum mendapatkan pekerjaan.
Pemkab Kendal telah melakukan kerja sama dengan Kementerian Perindustrian dan Kementerian Tenaga Kerja yang memfasilitasi pelatihan bagi calon tenaga kerja. Setelah mengikuti pelatihan, selanjutnya akan diterima sebagai pekerja di perusahaan. Pemkab Kendal pun sudah bekerja dengan seluruh perusahaan di Kawasan Industri Kendal (KIK) untuk perekrutan calon tenaga kerja dari Kabupaten Kendal. “Adanya kerja sama dengan perusahaan ini, maka ada jaminan untuk mendapatkan pekerjaan di perusahaan tersebut,” ujarnya.
Bupati berharap, dengan aplikasi Kendal Karier ini akan mengatasi angka pengangguran dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Pasalnya saat ini di KIK sudah ada 25 perusahaan yang sudah mulai beroperasi dan masih membutuhkan pekerja. Sedangkan di luar KIK ada sekitar 8 perusahaan yang menjalin kerjasama dengan Pemkab Kendal dalam penyediaan tenaga kerja. “Dengan berkembangnya KIK, otomatis semakin banyak peluang pekerjaan, sehingga aplikasi Kendal Karier ini dimanfaatkan seoptimal mungkin untuk mendapatkan pekerjaan,” pungkasnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan tambahkan komentar Anda!
Ketik nama anda di sini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.