Bupati Kendal Realisasikan Janji Kampanye, Tiap Dusun Terima Bantuan Rp 100-300 Juta per Tahun

Bupati Kendal Realisasikan Janji Kampanye, Tiap Dusun Terima Bantuan Rp 100-300 Juta per Tahun

0
78

Swarakendal.com : Bupati Kendal Dico M Ganinduto melaunching program bantuan desa berbasis dusun dan santunan kematian untuk warga miskin di Kabupaten Kendal. Launching dilakukan di Balai Desa Karangtengah Kaliwungu Senin 7 Juni 2021 yang ditandai dengan penyerahan secara simbolis. Program bantuan per dusun sebesar Rp 100 juta sampai 300 juta per tahun ini merupakan  realisasi janji politik Bupati dan Wakil Bupati saat kampanye lalu.


Bupati Kendal Dico M Ganinduto mengatakan, pada tahun 2021 ini sebagai pilot projek diberikan kepada 19 dusun dari 19 kecamatan yang dialokasikan melalui APBD Perubahan 2021. Bantuan keuangan khusus desa berbasis dusun akan diberikan kepada seluruh dusun di Kabupaten Kendal mulai tahun 2022 mendatang. “Untuk tahun 2021 ini hanya bisa diberikan untuk 19 dusun, namun mulai tahun 2022 nanti, semua dusun tiap tahun bakal menerima bantuan ini minimal 100 juta sampai 300 juta,” jelasnya.


Bupati Dico mengatakan, bantuan tersebut bisa dialokasikan untuk pembangunan infrastruktur, pemberdayaan masyarakat dan pengembangan ekonomi mikro. Dengan bantuan ini diharapkan dapat meningkatkan perekonomian dan mengurangi angka kemiskinan. Untuk itu, bantuan tersebut harus sesuai kebutuhan masyarakat dan objektif, sehingga benar-benar dirasakan masyarakat, karena tujuan ke depan agar desa bisa mandiri. “Bantuan ini harus benar-benar dimanfaatkan untuk kesejahteraan masyarakat,” katanya.


Dikatakan, untuk bantuan kematian bagi warga fakir miskin sebesar Rp 1 juta diharapkan bisa meringankan beban bagi keluarga yang ditinggalkan. “Walaupun besarnya tidak seberapa, bantuan kematian ini bisa meringankan beban keluarga yang ditinggalkan,” ujarnya.


Sementara itu Kepala Desa Sukomangli Kecamatan Patean, Slamet mengatakan, bantuan untuk dusun ini sangat membantu pemerintah desa dalam pembangunan desa dan majukan UMKM di desa. “Menurut Saya selaku kepala desa, program ini sangat membantu untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa,” ujarnya.