Bupati Kendal Serahkan Bantuan Baznas Kendal untuk Korban Longsor di Perumahan Siberi

Bupati Kendal Serahkan Bantuan Baznas Kendal untuk Korban Longsor di Perumahan Siberi

0
28

Swarakendal.com : Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kendal memberikan bantuan kepada keluarga yang rumahnya rusak akibat longsor di Dusun Siberi Desa Banjarejo Kecamatan Boja Kendal, Selasa (11/01/2022). Bantuan diserahkan oleh Bupati Kendal bersama Ketua Baznas Kendal.
Longsor yang terjadi pada 6 Januari lalu itu menimpa empat rumah dan 5 rumah yang terdampak. Bantuan berupa material untuk membangun talut sepanjang 14 meter dengan ketinggian 5 meter senilai Rp. 60 Juta. Sebelumnya dari BPBD Kendal telah memberikan bantuan logistik untuk kebutuhan dapur umum.


Bupati Kendal Dico Ganinduto berharap, bantuan ini bisa digunakan untuk memperbaiki talut yang longsor. Bupati pun sudah memerintahkan kepada Dinas PUPR untuk melakukan evaluasi dan memberikan konsep perbaikan secara menyeluruh agar tidak berdampak bagi rumah yang lain. 
“Bantuan ini memang belum bisa menyelesaikan permasalahan, tetapi paling tidak bisa digunakan untuk membangun talut yang kemarin longsor,” katanya.


Ketua Baznas Kendal Syamsul Huda berharap, dana yang diberikan bisa digunakan semaksimal mungkin memperbaiki talut. Untuk rumah yang rusak nanti akan dibahas selanjutnya dengan pihak desa dan Dinas PUPR.
“Bantuan ini sementara untuk meperbaiki talut yang harus disegerakan, untuk rumah dan lainya bisa dibicarakan setelah ini selesai,” ujar Syamsul.

Kepala Dinas PUPR Kendal, Sugiono sebenarnya sudah membawa alat berat ke lokasi longsor, namun tidak jadi digunakan, karena kondisi tidak memungkinkan. Pihaknya akan memberikan instruksi kepada pihak desa untuk melakukan pembersihan puing secara manual. “Saya sudah memberikan gambaran untuk bekerja dengan hati-hati karena masih berpotensi untuk longsor karena memang kondisi tanah labil,” ujarnya.