Bupati Mirna Minta Libatkan Babinsa dan Babinkamtibmas untuk Data Warga Miskin

Bupati Kendal Mirna Annisa minta pendataan ulang warga miskin

0
1367

Bupati Kendal Mirna Annisa meminta agar dilakukan pendataan ulang warga miskin di Kab Kendal. Hal ini disampaikan Bupati Mirna saat berkunjung di Desa Kedungsuren Kec Kaliwungu Selatan, Selasa (8/1/2018). Ketika itu beberapa warga miskin mengadu karena tidak mendapat kartu miskin maupun kartu PKH.

Seperti disampaikan Turiyah, yang mengaku sangat mengharapkan bisa masuk program PKH. Penghasilan suaminya yang hanya bekerja sebagai kuli bangunan tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan sekolah empat anaknya yang masih kecil-kecil. “Sangat butuh sekali dapat PKH seperti yang lain untuk biaya sekolah anak,” ucapnya.

Untuk pendataan ulang warga miskin, Bupati Mirna mengatakan akan bekerja sama dengan Polres dan Kodim Kendal dengan melibatkan babinsa dan babinkamtibmas karena dianggap mengetahui kondisi masyarakat desa. “Saya minta untuk dilakukan pendataan ulang warga miskin supaya bantuannya bisa tepat sasaran,” katanya.

Selain keluhan terkait bantuan untuk warga miskin, Bupati Mirna juga menerima keluhan terkait masih banyaknya rumah warga yang belum memiliki jamban. Padahal Kec. Kaliwungu Selatan sudah mendeklarasikan sebagai wilayah bebas ODF. “Makanya saya suka turun ke desa-desa untuk mengetahui langsung kondisi masyarakat yang sebenarnya, tidak hanya menerima laporan yang ternyata tidak sesuai fakta,” ujarnya.

Bersama Bupati Kendal, ikut juga Dandim 0715 Kendal Letkol Inf. Ginda Muhammad Ginanjar mengunjungi Desa Kedungsuren. Ia mengatakan, pihaknya siap membantu menyukseskan program pembangunan. “Kodim 0715 Kendal dan semua Koramil tentu semaksimal mungkin akan membantu program pembangunan di Kab Kendal,” katanya.

Sementara itu Kepala Desa Kedungsuren Sukrim Verry mengatakan, jika pihak desa selalu melaporkan data baru warga miskin, terkait dengan bantuan yang tidak tepat sasaran, namun tidak ada tindak lanjutnya. “Sepertinya yang dipakai kok data lama terus, padahal kami selalu menyampaikan data baru,” katanya.