Bupati Mirna Saksikan Peletakan Tiang Pancang Pertama Pembangunan Jembatan Gantung Sungai Bodri

0
1392
Peletakan tiang pancang pertama pembangunan jembatan gantung Kalibodri di sebelah TPI Tanggul Malang mulai dikerjakan pada Kamis 11 Oktober 2018. Peletakan tiang pancang jembatan dengan panjang 120 meter dan lebar 1,2 meter ini disaksikan Bupati Kendal Mirna Annisa, Sekda Kendal M. Toha dan beberapa pejabat terkait serta warga setempat. Jembatan itu nantinya akan menghubungkan Desa Wonosari dengan Desa Pidodo Kulon Kecamatan Patebon, namun lokasinya berbatasan dengan Desa Korowelang Kulon Kecamatan Cepiring.

Camat Patebon Drs. Agung Boedhi Tjahyono mengatakan, keberadaan jembatan itu sangat ditunggu warga selama bertahun-tahun. Pasalnya dengan adanya jembatan gantung, maka akan memudahkan akses jalan menuju Kota Kendal bagi warga, terutama dari Desa Pidodo Kulon dan Pidodo Wetan serta Desa Korowelang Kulon dan Korowelang Anyar.
“Kami atas nama warga sangat berterima kasih kepada Pemkab Kendal dengan dibangunnya jembatan gantung ini yang sangat bermanfaat bagi masyarakat,”ucapnya.
Selama ini warga yang melintas sungai harus menyeberang menggunakan perahu atau jembatan apung. Warga yang menggunakan sepeda motor jika menyeberang dengan perahu harus membayar Rp. 3.000,- atau menggunakan jembatan apung dengan membayar Rp. 2.000,-.
Bupati Kendal Mirna Annisa mengatakan, anggaran pembangunan jembatan itu berasal dari Dana Alokasi Khusus tahun 2018 yang satu paket dengan pembangunan jembatan gantung di Desa Rejosari Ngampel dengan total anggaran Rp 10 miliar. Jika jembatan gantung sudah jadi,
Bupati Mirna meminta kepada warga untuk memelihara dan merawat jembatan agar awet. Warga juga diminta untuk menjaga kebersihan sungai, dengan tidak membuang sampah sembarangan dan melakukan kerja bakti bersama untuk membersihkan sungai.
“Saya juga minta kepada masyarakat untuk menjaga sungai supaya bersih, kalau bisa segera rutin diadakan kerja bakti bersama,”pintanya.