Bupati Mirna Sambut Tim Wasev TMMD Reguler 109 Tinjau Lokasi TMMD 109 di Dusun Pening

Bupati Mirna Sambut Tim Wasev Tinjau Lokasi TMMD 109 di Dusun Pening

0
139

Bupati Kendal Mirna Annisa dan Ketua DPRD Kendal Muhammad Makmun menyambut Tim Pengawasan dan Evaluasi (Wasev) TMMD Reguler 109 di lokasi TMMD di Dusun Pening Desa Sendang Kulon Kecamatan Kangkung Kendal Kamis 8 Oktober 2020. Arsena Kasad Mayjen TNI Hendrasto Joko Saksono selaku  Ketua Tim Wasev TMMD Reguler 109 bersama rombongan meninjau beberapa kegiatan fisik program TMMD, di antaranya pengecoran jalan beton, pemasangan lampu penerangan jalan tenaga surya dan beberapa rumah tidak layak huni yang direhab.


Sasaran utama program fisik TMMD di Dusun Pening adalah pengecoran jalan beton sepanjang 1.200 meter. Saat menuju lokasi pengecoran jalan beton yang berada di tengah-tengah persawahan, rombongan diantar menggunakan sepeda motor yang dikendarai para anggota TNI. Bupati Mirna juga membonceng kendaraan sepeda motor yang dikendarai Babinsa. Dengan adanya pengecoran jalan tersebut, akan membuka akses jalan bagi masyarakat dusun yang sudah puluhan tahun terisolasi.

 
Bupati Kendal Mirna Annisa mengatakan, melalui TMMD terlihat spirit kegotong-royongan dan kebersamaan di masyarakat. Kebersamaan ini merupakan sinergitas positif dalam mengatasi berbagai permasalahan yang dihadapi bangsa pada masa pandemi covid-19 sekarang ini. Program TMMD ini merupakan wujud nyata kegiatan TNI bersama pemerintah dan masyarakat sebagai bagian dari cara untuk merawat dan meningkatkan kebersamaan serta rasa gotong royong untuk mendukung pembangunan dan mengatasi persoalan program kebangsaan di masyarakat. “Kebersamaan dan gotong royong seperti harus dipertahankan, sehingga segala permasalahan bisa diselesaikan bersama,” ujarnya.


Bupati menjelaskan, jalan Dusun Pening yang sudah puluhan tahun belum mendapat alokasi pembangunan, karena secara administrasi wilayah berada di Desa Sendang Sikucing, sedangkan secara administrasi kependudukan terdaftar di Desa Sendang Kulon, sehingga terkendala dalam mengalokasikan pembangunannya. Adanya TMMD ini merupakan solusi/ bagi jalan Dusun Pening dapat diperbaiki. “Kami menyampaikan terima kasih kepada TNI dan semua pihak adanya program TMMD ini, karena program TMMD sangat membantu pemerintah, juga sangat bermanfaat dan berguna bagi masyarakat, terutama pembangunan jalan yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” ucapnya.

Menurut  Ketua Tim Wasev TMMD Reguler 109, Mayjen TNI Hendrasto Joko Saksono, pelaksanaan TMMD Reguler di Dusun Pening cukup bagus. Program-programnya berjalan dengan baik, bahkan program fisik, seperti pengecoran jalan dapat diselesaikan lebih cepat. “Sudah bagus dan evaluasi ini supaya pelaksanaan TMMD ke depan bisa semakin baik,” katanya.


Dikatakan, ada kemungkinan TMMD bisa ditempatkan kembali di Dusun Pening, karena sasaran TMMD adalah desa-desa yang terisolasi, dengan membangun jalan yang bisa membuka akses jalan yang lebih baik lagi. Dengan adanya pengecoran jalan beton, maka membuka akses perekonomian, sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. “Bisa saja TMMD dilakukan di sini, karena sasaran TMMD adalah desa-desa yang terisolasi, tapi jalan yang belum dibangun tinggal sedikit, termasuk program lainnya seperti bedah rumah bisa diteruskan tanpa harus ada TMMD, karena bisa dilakukan oleh Kodim, bantuan Baznas dan tadi Bupati sendiri mengatakan bisa melanjutkan,” katanya.