Dandim Kendal: Wartawan harus Sampaikan Informasi yang Mendidik dan Manfaat

Dandim Kendal: Wartawan harus Sampaikan Informasi yang Mendidik dan Manfaat kepada banyak Orang

0
48

Wartawan diharapkan selalu menyampaikan berita atau informasi yang bisa memberikan manfaat kepada orang banyak. Harapan ini disampaikan Dandim 0715/Kendal, Letkol Infanteri Iman Widhiarto saat acara Ngopi bareng Dandim 0715/Kendal dengan Wartawan Kendal, Jumat (19/02/2021).

“Wartawan sebagai profesi itu harus didasari hati dan iman, sehingga, tidak akan tergoda terhadap ajakan hasutan, walaupun dengan iming-iming yang menggiurkan,” katanya.

 
Katanya, media melalui wartawan bisa saja menciptakan opini untuk kepentingan yang kontraproduktif. Untuk itu harus waspada terhadap hasutan yang mengajak dengan memberikan iming-iming. “Sampaikan informasi supaya bisa menyatukan dan mendidik,” ujarnya.

Dikatakan, bahwa wartawan harus memahami tentang situasi global, nasional, regional, dan lokal. Situasi global adalah adanya kekuatan besar yang ingin menguasai kekayaan alam Indonesia. Hal ini karena sumber energi yang semakin menipis, sedangkan Indonesia memiliki potensi energi terbarukan yang bisa menggantikan stok energi yang semakin menipis. Selain itu, negara-negara Asean saling berlomba mempersolek untuk merebut investor. “Dalam situasi global sekarang ini supaya tidak menjadi agen yang akan mengkerdilkan bangsa,” ucapnya.


Situasi nasional sekarang ini adalah dengan adanya pandemi virus Corona yang berdampak ekonomi masyarakat menurun. Selain itu, dalam kondisi yang serba sulit ini tampak rasa nasionalisme menjadi berkurang, terutama bagi generasi muda dengan aksi tawuran yang masih sering terjadi. Juga dengan situasi politik yang tidak sehat menyebabkan bangsa ini menjadi terkotak-kotak. “Di sini, peran serta media harus bisa memberikan motivasi untuk membangkitkan masyarakat supaya ekonomi pulih kembali,” tukasnya.