Debat Publik Dua Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Kendal Berjalan Tertib

0
641

Debat terbuka kedua pasangan calon bupati dan wakil bupati Kendal, yakni Widya Kandi Susanti-Muhammad Hilmi dan Mirna Annisa-Masrur Msykur yang digelar di Ruang Paripurna DPRD Kendal Minggu (22/11) berjalan lancar dan tertib. Pada debat tahap pertama yang dilakukan malam pukul 19.30-20.30 WIB mengangkat tema Mengelola Otonomi Daerah Kabupaten Kendal sebagai  bagian dari NKRI.

Debat terbuka dimoderatoti Hasim Asyari, SH,MSI,Ph.D, Dosen Hukum Tatanegara, Universitas Diponegoro( Undip) Semarang. Debat dibagi dalam 5 sesi, yaitu sesi pertama kedua pasangan calon menyampaikan visi misinya, masing-masing selama 3 menit. Sesi kedua, moderator memberikan pertanyaan yang sama untuk kedua pasangan calon. Sesi ketiga, pertanyaan undian, dengan memilih salah satu pertanyaan yang sudah disedikan lewat gulungan kertas. Sesi  4 dan sesi 5 merupakan sesi debat yang sesungguhnya, yaitu pasangan calon nomor 1 memberikan pertanyaan kepada pasangan calon nomor 2, dan sebaliknya pasangan calon nomor 2 memberikan pertanyaan untuk pasangan calon nomor 1. Acara debat diakhiri deangan sesi 6, yaitu masing-masing pasangan calon berkampanye mengajak untuk memilih dirinya.

Untuk menyukseskan jalannya debat publik ini, KPUD Kendal memperketat keamanan di lingkungan  gedung DRPD Kab Kendal. Peserta yang masuk dalam gedung dibatasi hanya 200 undangan, sedangkan  pendukung  dari kedua paslon berada di luar gedung melalui layar lebar. Semua  tanu undangan dari kedua paslon  juga di berikan kartu pengenal, agar mudah dalam pengamanan. Ketua KPU Kendal Wahidin Said mengatakan, pertanyaan debat bukan dibuat oleh pihak KPU, melainkan oleh tim khusus. Ratusan polisi tampak berjaga-jaga mengamankan jalannya debat, baik di dalam gedung, di luar gedung maupun di luar pagar gedung.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan tambahkan komentar Anda!
Ketik nama anda di sini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.