Desa Bringinsari akan Dijadikan Desa Zakat Agro Enterpreneur

Desa Bringinsari bentuk Desa ZAE 2017

0
1068

Desa Bringinsari Kec Sukorejo akan dikembangkan menjadi Desa ZAE, singkatan dari Zakat Agro Enterpreneur. Dalam konsep Desa ZAE ini akan dikembangkan pemberdayaan lima sektor, yaitu sektor ekonomi, pendidikan, kesehatan, dakwah keagamaan, lingkungan dan infrastruktur. Untuk pemberdayaan ekonomi akan menitikberatkan di ekotoutirsm, smart village dan agro industri. Program ini digagas oleh Kelompok Tani Ternak Alif, melalui program Desa Tani Ternak Baznas.

Ketua Kelompok Tani Ternak Alif, Bukhori mengatakan, program ini merupakan hasil rembuh warga, dengan harapan bisa menjadi penggerak Desa Bringinsari dan desa-desa sekitarnya. Desa Bringinsari mendapatkan program pemberdayaan Desa Ternak dari BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional) untuk peternakan domba. Tetapi untuk lebih mengembangkan potensi yang belum tergarap, butuh perencanaan dan pengembangan lebih mendalam. “Masih banyak potensi desa yang belum tergarap. Kalau hanya mengandalkan dari kelompk tani saja tidak cukup. Butuh bantuan semua pihak agar desa ini keluar dari jerat kemiskinan”harap Bukhori.

Kepala Desa Bringinsari, Bambang sangat mengapresiasi kegiatan yang dilakukan Baznas. Dengan program pemberdayaan ini/ masyarakat diajak untuk terus mengembangkan diri. “Biasanya kan bantuan beruipa dana santunan, sehingga langsung habis. Tapi dengan program pemberdayaan masyarakat seperti ini, maka akan terus berkembang,”ujarnya.