Desa Caruban Ringinarum akan Buat Taman Kota yang Dilengkapi Panggung Mini

Potensi Desa Caruban Kecamatan Ringinarum

0
1079

Desa Caruban Kecamatan Ringinarum akan membangun taman kota yang dilengkapi dengan panggung mini permanen. Panggung tersebut akan dibuat di depan balai desa sebagai fasilitas untuk pusat aktivitas warga. Taman taman yang ada akan dijadikan pusat jajanan khas Desa Caruban.

Sekretaris Desa Caruban, Sunandar mengatakan, kondisi Desa Caruban selalu ramai hingga malam hari. Hal ini karena wilayahnya cukup dekat dengan jalur pantura Weleri. Pembangunan taman kota tujuannya untuk menghidupkan suasana, supaya lebih ramai sebagai pusat aktivitas warga. “Saat ini pembangunan taman kota sudah mulai dikerjakan dan ditargetkan di akhir 2019 ini sudah selesai,” katanya.
Masyarakat Desa Caruban aktif dalam berbagai kegiatan. Untuk kegiatan PKK, selain pertemuan rutin bulanan, tri wulan dan tengah semester, juga rutin mengadakan berbagai lomba, seperti lomba memperingati hari Kartini, lomba Agustusan dan lomba memperingati Hari Ibu. “Untuk kegiatan pemuda juga ada klub sepakbola, namanya Persica,” ujarnya.
Mayoritas warga Desa Caruban bekerja sebagai petani, dengan tanaman unggulan yakni jagung dan tembakau. Tanaman tembakau yang beberapa tahun lalu banyak ditinggalkan oleh para petani, karena harganya terlalu rendah, namun pada dua tahun terakhir ini membaik kembali, sehingga para petani di Desa Caruban sebagian besar kembali lagi menanam tembakau. “Tahun ini tanaman tembakau meningkat sekitar 60 persen dibanding tahun lalu, karena harga sudah baik kembali,” katanya.
Pelaku UMKM di Desa Caruban termasuk sedikit, namun beberapa produknya justru terkenal sampai luar daerah Kendal. Contohnya abon ayam yang pemasarannya cukup mendominasi di wilayah Kendal hingga luar Kendal. Produk UMKM lainnya yang cukup terkenal adalah aneka keripik, seperti keripik pisang dan keripik sukun.