Desa Kedunggading Gelar Kenduri Akbar

Desa Kedunggading Gelar Kenduri Akbar

0
1022

Ribuan warga Desa Kedunggading Kecamatan Ringinarum Kendal makan bersama di Balai desa setempat pada Minggu (24/12/2017). Makan bersama dengan daun pisang ini merupakan puncak acara Kenduri Akbar atau selamatan desa atas keberhasilannya melaksanakan pembangunan di tahun 2017. Acara diawali dengan jalan sehat bersama yang diikuti anak-anak, remaja dan orang tua. Selain itu ada lomba makanan khas dari singkong, pengobatan gratis, pelatihan memijat dan hiburan musik organ tunggal serta pameran hasil pembangunan selama tahun 2017.

Yang paling meriah adalah makan bersama. Pasalnya usai melaksanakan jalan sehat tentunya ingin segera menyantap sajian makanan berupa nasi yangtelah disajikan. Mungkin karena sudah lapar usai jalan sehat yang dilaksanakan pukul 06.00 pagi, sehingga warga saling berebut . Sambil menikmati makanan, warga dihibur musik organ tunggal dan menunggu undeian door prize dengan hadiah utama sepeda gunung dan kulkas.
Kepala Desa Kedunggading, Budiono mengatakan, Kenduri Akbar diadakan sebagai bentuk rasa syukur karena telah menyelesaikan program-program pembangunan di tahun 2017, baik fisik maupun non fisik. “Syukuran sekaligus memperlihatkan kepada seluruh warga terkait program-program yang sudah dikerjakan dan prestasi yang diraih supaya warga tahu melalui foto dan video dokumentasi yang diputar di layar lebar,”katanya.
Acara Kenduri dengan berbagai kegiatan seperti jalan sehat, pengobatan dan juga hiburan tujuannya agar masyarakat sehat jasmani dan rohani. Yang penting juga adalah guyub rukun dan gotong-royong yang terus dibudidayakan. “Kalau masyarakat sehat jasmani dan rohani, maka menjadi giat bekerja,” harapnya.