Desa Margomulyo Pegandon akan Buat Tempat Wisata dekat Area Gerbang Tol

Potensi Desa Margomulyo Pegandon Kendal

0
1343

Keberadaan Gerbang Tol di Desa Margomulyo Kecamatan Pegandon akan dimanfaatkan untuk mengembangkan potensi perekonomian desa. Program yang sedang dipersiapkan di antaranya membuat taman desa yang bisa dimanfaatkan untuk tempat wisata.

Sekretaris Desa Margomulyo, Nurochim menjelaskan, untuk meramaikan taman desa itu, nantinya akan dijadikan pasar minggon (pasar tiban yang dibuka tiap hari Minggu). Sebagai petunjuk arah, nantinya akan dibuat gapura Selamat Datang. Daya tarik lainnya akan dibuat spot-spot yang bisa dijadikan untuk foto-foto selfie. “Untuk inovasi desa ini akan membangun taman desa yang dijadikan untuk tempat wisata,” katanya.
Sekdes Nurichim mengatakan, potensi yang ada, seperti produk UMKM, kesenian diharapkan bisa semakin berkembang dengan adanya tempat wisata. Untuk produk UMKM unggulan, seperti keripik jagung karena jarang ditemui di tempat lain. Selain itu juga ada  kerajinan miniatur barongan dan kuda lumping serta produk UMKM lainnya. “Kesenian barongan dan lais tentu bisa meramaikan tempat wisata, sehingga bisa menjadi daya tarik pengunjung,” ujarnya.
Desa Margomulyo banyak meraih prestasi, di antaranya juara 3 lomba Thek-tek tanda bebeya tingkat kabupaten tahun 2019 dan juara 2 Liga Desa U 20 tahun 2019. Prestasu lainnya adalah juara 1 lomba karnaval tingkat kecamatan dan juara 1 lomba K3 tingkat kecamatan tahun 2019.
Pj. Kepala Desa Margomulyo, Purwoko menambahkan, akan mengusulkan laha kosong untuk dijadikan tempat pembuangan sampah. Lahan tersebut jauh dari pemukiman warga, sehingga cocok untuk tempat pembuangan sampah. “Tahap pertama untuk tempat pembuangan sampah dan ke depan bisa dijadikan bank sampah,” katanya.
Untuk mendukung program pengelolaan sampah, pihak desa telah mengadakan pelatihan membuat kerajinan dari barang bekas yang diikuti anggota PKK dan dasawisma. “Pelatihan lainnya yaitu ada pelatihan membuat makanan ringan dan sebagainya.