Dian dan Arbia Terpilih sebagai Duta Genre Kendal 2022

Dian dan Arbia Terpilih sebagai Duta Genre Kendal 2022

0
49

Swarakendal.com : Dian Adiansyah (Kendal) dan Arbia Kusuma Inna Anda (Boja) terpilih sebagai juara 1 Duta Genre Kabupaten Kendal tahun 2022. Juara 2 Ndaru Lintang Rayyan dan Adhina Islamiyah, serta juara 3 Dhio Firman dan Rahmatika. Sedangkan Feri Saputra dan Galih Puji Lestari sebagai Duta Genre influencer Kendal.

Grand Final Pemilihan Duta Genre Kabupaten Kendal yang digelar di Pendopo Tumenggung Bahurekso diikuti 15 pasang putra dan putri, Rabu (3/8/2022). Para finalis ini merupakan hasil seleksi tahap pertama yang diikuti 67 peserta. Pada Grand Final ini, tiap final beradu orasi menyampaikan sosialisasi tentang generasi berencana (genre).

Kegiatan yang diadakan oleh Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP2PA) Kendal dengan syarat peserta berusia 16-22 tahun dan belum menikah. Peserta juga dipastikan negatif dari narkotika, karena sebelumnya telah dilakukan tes narkotika oleh BNNK Kendal. 

Plt. Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Kendal, Nur Fuad mengatakan, ada tiga hal penting yang harus dipegang oleh Duta Genre, yakni pentingnya tidak sex pranikah, tidak melakukan pernikahan dini, dan tidak narkoba. Tiga hal ini juga harus disosialisasikan kepada generasi muda. “Duta Genre ini bertugas membantu Pemkab dalam menyukseskan program keluarga berencana di kalangan anak muda, termasuk program stunting,” jelasnya. 

Bupati Kendal, Dico M Ganinduto mengatakan, para Duta Genre merupakan role model bagi generasi muda, yang berpegang teguh untuk tidak melakukan pernikahan dini, sex pranikah dan tidak narkoba. Pemilihan Duta Genre juga salah satu dalam peningkatan sumber daya manusia. “Duta Genre diharapkan bisa berkontribusi yang terbaik terhadap pembangunan di Kabupaten Kendal, ” harapnya.