Dinkes Kendal Gelar Vaksinasi Massal untuk Lansia

Dinkes Kendal Gelar Vaksinasi Massal untuk Lansia

0
255

Swarakendal.com : Antusias warga lanjut usia untuk mendapatkan vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Kendal sangat tinggi. Terbukti pada vaksinasi massal untuk 500 warga lansia oleh Pemkab Kendal yang digelar di Stadion Utama pada Sabtu 19 Juni 2021 tampak ramai.

Kepala Dinas Kesehatan Kendal Ferinando rad Bonay mengatakan, pendaftaran vaksinasi massal ini secara online selama dua hari lalu, namun pada hari pertama pendaftaran sudah melebihi target. Setelah dilakukan validasi, ternyata banyak yang usianya di bawah 50 tahun, sehingga tidak bisa dilayani. Yang memenuhi syarat hanya 415 orang. “Yang mendaftar mencapai 550 orang, tapi yang memenuhi usia minimal 50 tahun hanya 415 orang,” katanya.

Ferinando mengatakan, vaksinasi dosis kedua akan dilakukan setelah 28 hari ke depan. Rencananya akan mengadakan vaksinasi massal akan dibuka lagi, setelah mendapat jatah vaksin dari provinsi. 

Sekda Kendal Mohammad Toha mengatakan, kondisi pandemi Covid-19 di Kabupaten Kendal saat ini lebih parah daripada tahun lalu. Untuk itu dihimbau kepada masyarakat harus lebih berhati-hati dan mematuhi protokol kesehatan. Kurangi mobilitas dan dianjurkan di rumah saja. “Kondisi pandemi saat ini justru lebih parah daripada ketika awal pandemi tahun lalu” ujarnya. 

Data di Dinas Kesehatan Kendal, total sasaran vaksinasi lansia di Kabupaten Kendal sebanyak 77.367 orang. Hingga saat ini, lansia yang sudah divaksin sebanyak 21.000 orang.