Dinsos Kendal Adakan Pelatihan Keterampilan bagi Anak-anak Jalanan

0
604

Sebanyak 20 anak putus sekolah dari Desa Plantaran dan Protomulyo Kaliwungu Selatan mendapatkan pelatihan membuat kerupuk rajungan dan sirup secang. Kegiatan pelatihan keterampilan dan praktik belajar kerja bagi anak terlantar yang diadakan oleh Dinas Sosial Kab Kendal ini dilakukan di Balai Desa Protomulyo Selasa (14/6/2016).

Menurut Budi Setiawan, selaku Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) Kec Kaliwungu Selatan, dipilihnya pembuatan kerupuk rajungan dan sirup secang karena mudah dipelajari, bahan-bahannya murah dan mudah didapatkan serta nilai jualnya mudah laku. “Jenis pelatihannya yang praktis dan bahannya mudah didapat di sekitar,”katanya.

Kasi Pemberdayaan Kesejahteraan Sosial pada Dinsos Kendal, Hafidh berharap, para peserta nantinya bisa membuka usaha tersebut, baik sendiri atau kelompok. Sayangnya, peserta yang kebanyakan dari keluarga kurang mampu itu, tidak diberi bantuan modal untuk mempraktekkan  keterampilannya di rumah. Namun Hafidh mengatakan, memberi peluang kepada peserta untuk mengajukan bantuan modal. “Ya memang, kalau sebatas pelatihan tanpa ada pendampingan selanjutnya ya bisa juga sia-sia,”tuturnya.

Pelatihan membuat kerupuk dibimbing oleh Hella Ayu Setyanida, juara 2 pengusaha pemula tingkat provinsi Jateng. Sedangkan pelatihan membuat sirup secang dibimbing oleh Tri Listiana, Pendamping Keluarga Harapan dari Desa Sidomakmur Kec Kaliwungu Selatan.

Selain program pelatihan keterampilan, Dinsos Kendal juga membina 40 anak jalanan dan 13 ex napi untuk membuka usaha, yaitu ternak kambing, ternak ayam dan potong rambut. Sebagai modal usaha, mereka mendapat bantuan kambing, ayam, atau peralatan potong rambut. “Tujuannya, bantuan ini bisa terus dikembangkan,”harapnya.