DITARGET SAMPAI AKHIR DESEMBER, PEMBEBASAN LAHAN TOL BELUM CAPAI 50%

0
703

Pembebasan lahan untuk pembangunan Jalan Tol Semarang-Batang di wilayah Kabupaten Kendal, hingga kini baru mencapai 40 persen. Padahal ditargetkan akhir Desember ini semua sudah selesai dibebaskan. Sekretaris Tim Pembebasan Lahan, nanang Suwarsana mengatakan, untuk pengumuman atau sosialisasi sudah dilakukan di semua desa yang terkena proyek tol. “Sosialisasi sudah semuanya, namun untuk musyawarahnya belum semua,”katanya.

Terkait dengan pembayaran lahan, Nanang mengatakan, dari  total 3.873 bidang, yang sudah dibayar baru sekitar 641 bidang atau sekitar 15%. Namun pada minggu ini ada tambahan lagi yang akan dibayarkan sekitar Rp 65 miliar di sembilan desa dari total tambahan yang akan dibayarkan Rp 120 miliar. Kemudian yang akan diajukan lagi sekitar 62 miliar. “Total yang sudah dibayarkan sebesar Rp 290 miliar dari 641 bidang,”jelasnya.

Nanang mengatakan, kendala di lapangan di antaranya masalah kelengkapan berkas, seperti tandatangan dari ahli waris. Padahal jika berkas-berkasnya lengkap, maka pembayaran bisa segera diberikan. Untuk itu, diharapkan agar berkas segera dibereskan. “Bagi yang sudah setuju, saya harap ketika musyawarah sudah melengkapi berkasnya, sehingga bisa segera dibayarkan,”katanya.

Sementara itu, Kepala Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional Kab Kendal, Herry Fatchurahman mengatakan, akan mengejar ketertinggalan supaya target akhir Desember pembebasan lahan bisa selesai. “Pokoknya kerja keras supaya targetnya bisa selesai,”harapnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan tambahkan komentar Anda!
Ketik nama anda di sini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.