DKP Provinsi Jateng Kampanye Gemar Makan Ikan di Kendal

DKP Provinsi Jateng kampanye gemar makan ikan di Kendal

0
762
Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Tengah bersama Dinas Kelautan dan Perikanan Kendal melakukan Kampanye Gemar Makan Ikan kepada masyarakat Kabupaten Kendal. Kegiatan yang diadakan di Gedung Dekopinda Kandal, Kamis (18/10/2018) ini diikuti Pengurus PKK dan Darma Wanita Kabupaten serta ormas dari Gabungan Organisasi Wanita.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jateng, Ir Lalu M. Syafriadi, MM dalam sambutan tertulis yang disampaikan oleh Sri Astuti, Kepala Balai Pengujian dan Penerapan Mutu Hasil Perikanan mengatakan, melalui Kampanye Gemar Makan Ikan ini diharapkan dapat menambah minat masyarakat untuk memilih ikan sebagai menu pilihan utama keluarga. “Dengan asupan gizi ikan yang tinggi ini diyakini akan mendukung SDM Jateng yang sehat, kuat dan cerdas,
Dikatakan, pada sisi lain, peningkatan konsumsi ikan akan berdampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat. Pasalnya, peningkatan konsumsi ikan akan mendorong tumbuhnya produksi, pengolahan dan pemasaran ikan, termasuk menumbuhkan industri perikanan di Jateng, khususnya perekonomian di Kendal bisa semakin meningkat. “Kalau gemar makan ikan sudah menjadi kebiasaan, maka produksi dan pengolahan ikan akan semakin berkembang yang berimbas pada meningkatnya perekonomian, sehingga kesejahteraan masyarakat makin meningkat,”jelasnya.
Dikatakan, bahwa angka konsumsi ikan (AKI) di Jawa Tengah sejak tahun 2013 meningkat setiap tahunnya sebesar 4,85%. Jika angka konsumsi ikan pada tahun 2013 sebesar 17,82% kg/kapita/tahun, maka pada tahun 2017 sudah nencapai 29,19 kg/kapit/tahun. Namun dibanding AKI nasional tahun 2017 yang sebesar 44,11 kg/kapita/tahun, maka AKI di Jateng masih jauh di bawah rata-rata nasional. Padahal Jateng memiliki wilayah pantai sepanjang 791,73 km dan 56.675 hektar kolam, tambak, jaring apung dll. Di Jateng juga terdapat 8.761 Unit Pengilahan Hasil PeriIkanan. “Melalui kegiatan seperti ini, dari pengurus PKK, Darma Wanita dan GOW diharapkan bisa mensosialisasikan kepada masyarakat supaya masyarakat mengerti betapa besarnya manfaatnya makan ikan, sehingga akan menjadi menu utama di setiap keluarga,”katanya.
Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kendal Agung Setiawan mengatakan, di
Kabupaten Kendal, angka konsumsi ikan rumah tangga tahun 2016 hanya sebesar 17,16 kg/kapita/tahun. Sedangkan tahun 2017 sebesar 17,96 kg/kapita/tahun atau mengalami kenaikan sebesar 0,80 kg/kapita/tahun ata naik 4,66 % dari tahun 2016.
“Untuk Kampanye Gemar Makan Ikan ini, Kami akan membuat Surat Edaran kepada seluruh instansi agar mengutamakan menu ikan dalam setiap kegiatan,”katanya.