DPP Kendal Gelar Kontes Entok Lokal

Kontes entok Kendal

0
58

Swarakendal.com : Puluhan unggas entok beradu kecantikan dan keindahan bulu-bulunya. Selain itu juga  berat badan dan panjang badan menjadi penilaian. Entok berbagai ras dan jenis ini sedang beradu dalam sebuah kontes yang diadakan oleh Dinas Pertanian dan Pangan  Kabupaten Kendal. Kontes yang diprakarsai Paseduluran Entok Kendal bertujuan untuk melestarikan hewan unggas yang umumnya dikonsumsi dagingnya.

Kategori yang dilombakan meliputi kategori bobot paripurna dan kategori beauty. Untuk kategori bobot yang menang adalah yang paling berat badannya dan juga panjang tubuhnya. Sedangkan kategori beauty adalan corak dan motif bulu, kesamaan warna bulu, keaktifan entog dan kebersihan kaki, bulu dan sesuai dengan tinggi dan panjangnya tubuh entok.

Menurut panitia penyelenggara, Bayu Aji Amto, beberapa kriteria yang dinilai dalam Duck Contest Festival ini, selain keindahan anggota tubuh entok, keindahan bulu, juga menjadi salah satu penilaian. Kegiatan ini diikuti oleh seratus peserta, yakni dari  kategori bobot  ada 60, sedangkan dari kategori beauty ada 40 peserta.

“Penilaian entok terbaik ini bukan dari kecepatan berlari ataupun besarnya entok, tetapi yang dinilai adalah keindahan dan kecantikan tubuh, mulai dari bulu, paruh, bentuk badan, kaki hingga warna aslinya,” ujarnya.

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kendal, Pandu Rapriat Rogojati sangat mengapresiasi lomba entog ini, karena semua yang dilombakan adalah entok lokal. Harapannya dengan lomba  ini, semakin banyak warga yang beternak entok dan memeliharanya bukan untuk diambil dagingnya, tetapi bisa dijadikan hewan peliharaan yang bernilai tinggi layaknya burung. “Tujuan lomba ini juga untuk  memberdayakan  para  peternak  entok di Kabupaten Kendal,” katanya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan tambahkan komentar Anda!
Ketik nama anda di sini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.