Dua Minggu Jelang Lebaran, Harga Kebutuhan Pokok Cenderung Tinggi

Harga kebutuhan pokok jelang Lebaran di Pasar Kendal

0
617

Menjelang Lebaran, harga-harga kebutuhan pokok cenderung mengalami kenaikan. Kali ini yang mengalami kenaikan harga cukup tinggi adalah kemiri dan bawang merah. Sedangkan kebutuhan pokok lainnya masih stabil, seperti sayur-sayuran. Namun ada juga yang harganya turun, seperti telur, walaupun harganya masih tergolong tinggi.

Pantauan di Pasar Kendal, harga kemiri yang sebelumnya Rp 35 ribu, sekarang naik menjadi Rp 42 ribu per kilogram.  Bawang merah yang sebelumnya Rp 25 ribu, naik menjadi Rp 32 ribu per kilogram. Harga telur horn turun dari Rp 25 ribu menjadi Rp 22 ribu per kilogram. Bawang putih harganya stabil Rp 24 ribu per kilogram. Untuk cabe rawit Rp 22 ribu per kilogram, sedangkan cabe merah naik seribu menjadi Rp 24 ribu per kilogram.

Menurut pedagang sayur di Pasar Kendal, Janah, kenaikan harga sudah berlangsung sekitar satu minggu, tapi tidak pada semua barang. “Yang harganya naik paling tinggi itu kemiri dan bawang merah,”ujarnya.

Sementara menurut pedagang lain, Bu Khamid, naiknya harga bawang merah, karena saat ini belum panen,  sementara pembelinya banyak. “Kalau harga sayur-sayuran masih stabil,”katanya.