Fatayat Kendal Canangkan Gerakan Fatayat Anti Narkoba

0
718

PC Fatayat NU Kendal berkomitmen ikut mencegah penyebaran dan penyalahgunaan narkoba di lingkungannya. Komitmen ini diawali dengan penandatangan Gerakan Fatayat Anti Narkoba, saat pelantikan PC Fatayat NU Kendal masa khidmat 2016-2021 Minggu (3/4/2016) di Gedung DPRD Kendal.

Ketua PC Fatayat NU Kendal, Nikmah Latif merasa sangat prihatin dengan kondisi saat ini yang semakin merebaknya peredaran narkoba, terutama di kalangan pelajar dan remaja. Banyaknya kasus narkoba yang juga terjadi di kalangan pelajar, harus menjadi perhatian yang serius untuk bersama-sama memeranginya. “Kader Fatayat yang sebagian adalah ibu-ibu, selain harus bisa mengawasi dan menjaga anak-anaknya supaya tidak terjerat narkoba, juga bagi lingkungannya,”harapnya.

Sebagai Ketua Fatayat yang baru dilantik, Nikmah bersama semua pengurus memikiki tanggung jawab untuk memperjuangkan hak dan martabat kaum perempuan, termasuk mengatasi kasus-kasus kekerasan perempuan. Juga peran Fatayat dalam menghadapi gerakan radikalisme. “Dalam rapat kerja nanti, kami akan merumuskan kegiatan yang akan dirasakan oleh perempuan,”ujarnya.

Ketua PW Fatayat NU Jateng  Khizanaturrohmah mengingatkan, bahwa Fatayat Kendal memiliki tugas yang cukup banyak. Sebagai ormas dibawah NU, maka Fatayat sebagai garda terdepan dalam membawa misi menjaga aqidah Ahlussunah wal Jamaah. Fatayat harus mampu menghadapi isu-isu kontemporer, seperti liberalisme jenis baru di berbagai bidang.  Di era pasar bebas, harus mampu menghadapi tantangan supaya tidak kalah dalam persaingan yang semakin ketat, maka tugas Fatayat harus mampu mencetak kader-kader yang handal.

Sementara itu, Bupati Kendal dr. Mirna Annisa melalui Staf Ahli Kemasyarakatan dan SDM Hj. Asrifah mengatakan, keberadaan organisasi Fatayat NU di Kabupaten Kendal sangatlah besar. Pentingnya peran masyarakat luas terhadap keluarga, terutama kaum ibu di era globalisasi yang penuh dengan pengaruh alat tekhnologi. “Pengaruh teknologi dalam kehidupan yang semakin massif bisa berdampak positif dan negative. Harus diakui, globalisasi adalah sebuah kecenderungan yang sulit dihindari. Peran Fatayat sangat besar untuk bisa mengontrol dan mencegah pengaruh negatif bagi generasi muda,”harapnya.