Februari, Pedagang di Pasar Gladak Bisa Tempati Los yang Direnovasi

0
618

Walau renovasi Pasar Gladak Kaliwungu sudah selesai sejak akhir tahun 2016 silam, namun hingga akhir Januari 2017 ini para pedagang yang dipindah menempati lapak-lapak sementara belum juga kembali menempati lokasi pasar. Padahal lapak-lapak sementara tersebut sebagian berada di tepi jalan, sehingga mengganggu lalu lintas jalan. Selain itu, area di luar pasar juga tampak kumuh dan semrawut ditambah dengan sampah-sampah yang menumpuk dan tercecer dan menimbulkan bau tidak sedap.

Kepala Dinas Perdagangan Kabupaten Kendal, Syukron Samsul Hadi mengatakan, belum kembalinya para pedagang ke pasar yang sudah selesai direnovasi, karena belum ada serah terima dari pihak rekanan. Dikatakan, kemungkinan para pedagang bisa kembali ke pasar pada Februari mendatang. “Kalau Januari sepertinya belum bisa pindah,   karena harus persiapan, perpindahan bisa dilakukan di Februari nanti,”ucapnya.

Terkait dengan para pedagang yang berjualan di teras-teras pasar, Syukron mengatakan akan ditata supaya pasar terlihat teratur. Renovasi dilakukan supaya kondisi pasar terlihat bersih dan tertata, sehingga para pedagang yang berjualan di teras-teras los pasar juga harus ditata. “Perlu ditata kembali dan mudah-mudahan para pedagang juga mau ditertibkan,”harapnya.

Sementara itu, untuk tempat pembuangan sampah yang menumpuk di tepi jalan depan pasar, Camat Kaliwungu, Dwi Cahyono Suryo mengatakan, akan dibenahi setelah renovasi pasar selesai dan para pedagang sudah kembali lagi ke pasar. Menumpuknya sampah tersebut sebenarnya sudah berusaha diatasi dengan menambah armada pengangkut sampay yaitu motor box roda tiga, namun ternyata belum juga mampu mengangkut semua sampah. Pasalnya, masih banyak warga yang membuang sampah di tempat tersebut, sehingga sampah-sampah terus ada. “Sebenarnya sampah yang menumpuk sudah diambil, tapi tahu-tahu ada lagi, karena banyak warga yang membuang sampah di situ. Nantinya di situ akan ditempatkan kontainer, supaya sampahnya tidak dibuang di sembarang tempat,”ujarnya.