Final Lomba Tek Tek Tondo Boyo Kabupaten Kendal Meriah

Final Lomba Tek Tek Tondo Boyo Kab Kendal 2017

0
1440

Para penonton yang memenuhi ruangan Pendopo Kabupaten Kendal membuat final Lomba Musik Tek Tek Tondo Boyo tingkat kabupaten menjadi meriah. Masing-masing kelompok sporter sepertinya berlomba memberikan semangat kepada grup yang didukungnya. Final Lomba Musik Tek Tek Tondo Boyo di Pendopo yang digelar Jumat (21/7/2017) malam diikuti 6 finalis, yaitu grup dari Kecamatan Boja, Singorojo, Patean, Gemuh, Weleri, dan Cepiring.

Kepala Kesbangpol Kendal, Feri Nando RAD Bonay mengatakan, lomba Musik Tek Tek Tondo Boyo rutin diadakan tiap tahun. Tujuannya selain untuk menggerakkan dan membangkitkan siskamling, juga untuk melestarikan kesenian tradisional. “Lomba ini untuk memperingati HUT Kabupaten Kendal ke-412 dan HUT Bhayangkara 71 tahun 2017,”katanya.

Asisten Pemerintahan, Agus Sumaryono yang mewakili Bupati Kendal berharap, musik Tek Tek merupakan kesenian tradisional yang harus diestarikan. Musik Tek Tek yang berupa kentongan dipadu dengan lagu tradisional yang bervariasi, diharapkan bisa membangkitkan semangat masyarakat untuk melakukan siskamling. Untuk itu harus dilestarikan, karena mampu menjaga kondisi yang aman, damai dan tentram. Dalam siskamling ada kepedulian dan kebersamaan masyarakat dalam menjaga keamanan lingkungan. “Saya harap lomba Tek Tek bisa diadakan yang lebih besar lagi dan melibatkan generasi muda untuk menghidupkan kembali siskamling, agar aman, daman dan terhindar dari kriminalitas,”harapnya.

Juri Final Lomba Musik Tek Tek Tondo Boyo  Tingkat Kab Kendal yaitu Aiptu Sujak dari Polres Kendal, Pelda Al Ahmad Suyono dari Kodim 0715 Kendal, Sony Wisnu Murti dari Dewan Kesenian Kendal dan Agus Umar dari wartawan. Tiap grup terdiri dari 7 – 20 orang yang tampil maksimal 25 mnt. Alat musik yang digunakan 60 persen musik kentongan dan 40 persen alat musik tambahan.