FORUM GENRE KENDAL BAGIKAN SERIBU MASKER UNTUK REMAJA

FORUM GENRE KENDAL BAGIKAN SERIBU MASKER UNTUK REMAJA

0
469

Penyebaran Covid-19 di Kabupaten Kendal mengalami lonjakan sejak awal Juni 2020. Hal ini tentu saja berdampak pada semua lini kehidupan manusia di Kabupaten Kendal. Segala lini kehidupan harus diberikan pembatasan yang lebih ketat lagi, sesuai protokol yang diberlakukan pemerintah saat ini, seperti menggunakan masker, jaga jarak dan tidak berkerumun.


Naiknya jumlah kasus positif di Kabupaten Kendal tidak terlepas dari rendahnya kesadaran masyarakat untuk mengikuti protokol yang berlaku dan kebiasaan yang belum bisa diubah. Hal ini bisa dilihat dari banyaknya masyarakat yang tidak mengenakan masker ketika bepergian ke luar rumah, dan mirisnya lagi, masih banyak remaja yang seharusnya lebih tau dan lebih bisa memberikan contoh yang baik sebagai agen of change.

Hal tersebut menjadi keprihatinan Forum Genre (Generasi Berencana) Kabupaten Kendal ketika melihat masih banyak remaja di Kabupaten Kendal masih tidak sadar akan pentingnya penggunaan masker ketika keluar rumah. Sehingga, Forum Genre Kabupaten Kendal melakukan kegiatan bertajuk “Seribu Masker untuk Remaja di Kabupaten Kendal” yang dilakukan selama satu minggu, mulai Rabu, 10 Juni 2020 – 17 Juni 2020.


Ketua Forum Genre Kabupaten Kendal, Dandi Hermawan mengatakan, kegiatan ini sebagai respon atas keresahan terhadap minimnya kesadaran masyarakat utamanya remaja dalam berhati-hati terhadap dirinya. Kesadaran ini penting untuk memutus penyebaran mata rantai Covid-19. “Remaja di Kabupaten Kendal masih sangat rendah kesadarannya untuk menggunakan masker, bisa dilihat dari masih banyaknya remaja yang tidak menggunakan masker ketika keluar rumah. Padahal ini sangat penting untuk memutus penyebaran Covid-19,” ujarnya


Seribu masker yang merupakan bantuan dari Program JPE DP2KBP2PA Kabupaten Kendal ini telah dibagikan kepada remaja-remaja yang ditemui tim di lapangan dan tidak menggunakan masker. Fokus pembagian pada tempat-tempat yang biasa digunakan untuk nongkrong dan kongkow-kongkow para remaja. 

Koordinator lapangan, M. Lukluk Atsmara Anjaina mengatakan, pembagian ini dibagi kedalam wilayah eks-kawedanan di Kabupaten Kendal yang berjumlah 5 eks-kawedanan. Setiap eks-kawedanan diberikan 200 masker. “Pembagian telah kami lakukan di 5 eks-kawedanan di Kabupaten Kendal, meliputi eks-Kawedanan Kaliwungu, eks-Kawedanan Kendal, eks-Kawedanan Boja, eks-Kawedanan Weleri, dan eks-Kawedanan Sukorejo. Pembagian ini melibatkan PIK Remaja di masing-masing wilayah dan Duta Genre Kabupaten Kendal yang telah terpilih pada Februari lalu,” terangnya.


Dengan pembagian seribu masker ini, diharapkan remaja semakin peduli terhadap keselamatan dirinya dan dapat memutus mata rantai penyebaran Covid-19 yang terus menaik di Kabupaten Kendal.