Gas Air Mata Bubarkan Massa Pendemo yang Berbuat Anarkhis

0
518
Petugas polisi berhasil mengamankan puluhan pengunjuk rasa yang mencoba berbuat anarkhis. Para pengunjuk rasa yang telah mulai membakar ban bekas dan melempari petugas, bahkan merusak fasilitas langsung dihalau petugas dengan gas air dan anjing pelacak. Petugas pemedam kebakaran yang didatangkan pun dengan sigap berhasil memadamkan api yang membakar fasilitas.

Itulah gambaran ketika  Simulasi Pengamanan Kota (Sispamkota) dalam Rangka Kesiapan menghadapi Situasi Kontijensi dan Menciptakan Pemilu 2019 yang Aman dan Damai. Kegiatan simulasi yang dilakukan di jalan depan Stadion Utama Kendal pada Rabu (13/3/2019) diikuti ratusan anggota Polres Kendal dengan dibantu anggota TNI, Satpol PP, Linmas, Damkar dan petugas dari stake hollder lainnya. Dihadiri Kapolres Kendal AKBP Hamka Mappaita, Wakil Bupati Kendal Masrur Masykur, Dandim 0715 Kendal Letkol Infanteri Ginda Muhammad Ginanjar dan anggota Forkopimda lainnya serta para kepala stake holder terkait.
Kapolres Kendal AKBP Hamka Mappaita mengatakan/ bahwa berdasarkan pengamatan,  simulasi berjalan dengan baik, sesuai dengan tahapan yang telah ditentukan dan sesuai prosedur pengamanan. Dikatakan, tujuan simulasi ini adalah untuk mengecek kesiapan petugas, baik Polri maupun stake holder yang terlibat dalam pengamanan Pemilu 2019. Harapannya, Pemilu 2019 dapat berlangsung dengan sukses, aman dan damai. “Saya harap, semua petugas simulasi haruskan memahami item per item kegiatan simulasi ini dan bisa dicerna dengan baik,” harapnya.
Sementara itu Dandim 0715 Kendal, Letkol Infanteri Ginda Muhammad Ginanjar mengatakan, pihak TNI siap membantu Polri dalam tugas pengamanan Pemilu. “Simulasi berjalan dengan baik dan kompak,” katanya.
Menurut Wakil Bupati Kendal Masrur Masykur, bahwa persiapan seperti kegiatan simulasi ini jauh lebih penting dari pelaksanaan tugas di lapangan nanti. Ia yakin Kabupaten Kendal akan tetap aman dan damai. “Pelaksanaan Pemilu Serentak di Kabupaten Kendal ini, Saya yakin dapat berjalan aman dan damai,” ujarnya.